CARA MENGETAHUI MADU ASLI

28 Jul

Saat ini banyak sekali beredar madu palsu. Namun, dengan mengerti sifat dan kandungan madu, dapat dinilai mana madu yang “asli” dan “palsu”, serta kualitas madu apakah baik atau jelek. Lalu bagaimana ciri-ciri madu yang asli, serta bagaimana cara membedakannya dengan madu palsu?

  1. Pemalsuan JUMLAH, dilakukan dengan menambah volume madu “asli” dengan madu “palsu”, misalkan mencampurkan gula/madu buatan yang relatif lebih murah untuk kemudian diaduk.
  2. Pemalsuan MUTU, biasanya dilakukan dengan mengubah kadar air madu yang tadinya tinggi, lalu diturunkan dengan pemanasan.
  3. Pemalsuan MENYELURUH, yakni madu yang diklaim “asli” padahal sebenarnya 100% buatan, jadi bukan madu yang nerasal dari lebah dengan komposisi aslinya.

Secara kasat mata memang sulit membedakannya, diperlukan pengujian kuantitatif untuk memastikan keaslian madu. Lewat uji kuantitas, madu dapat diperkirakan dipalsukan atau ditambahkan sesuatu apabila; kadar sukrosa madu naik, kadar enzim naik/turun, kadar abu menjadi naik/turun, daya hantar listrik naik, kandungan pollen dalam sedimen turun, kandungan mineral turun, aroma dan rasa berubah, kandungan HMF (Hidroksi metal Furfuraldehid) berubah, kadar protein turun, warnanya terang, madu mengandung PbCl2, PbSO4, anion dan kation.

Kandungan HMF yang merupakan produk pemecahan glukosa dan fruktosa pada madu asli maksimal 3 mg/100 gram. Madu asli juga memiliki keasaman (pH) yang tetap berkisar 3,4-4,5, sedangkan pH madu palsu 2,4-3,3 atau diatas 5. Aktifitas enzim diastase pada madu asli yang berkualitas minimal 5 dengan rasio Kalium(K) dan Natrium(Na) sekitar 4,0. Pada madu palsu rasionya 0,05-0,1. Madu asli memiliki sifat khas memutar optic ke kiri yang bisa diperiksa dengan alat polarimeter.

Secara sederhana, madu asli dan palsu dapat dibedakan dengan melihat ciri khas fisis madu asli sebagai berikut :

  1. Cara pertama, meneteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.
  2. Cara kedua, dengan mengocoknya. Madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.
  3. Cara keempat, dituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

Itu adalah cara simpel membedakan madu asli dan palsu. Dan berikut ini ada informasi tambahan tentang ciri-ciri madu asli dan palsu :

Madu yang beredar di Indonesia umumnya dihasilkan dari tiga jenis lebah; apis dorsata (lebah hutan), apis mellifera (lebah unggul) dan apis cerana (lebah lokal) yang ada di atas atap rumah. Dari segi kualitas, madu hutan (madu organik) berwarna hitam pekat lebih baik daripada madu yang di budidaya.

Sayangnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa konsumsi madu budidaya berwarna coklat cerah. Akibatnya, madu hutan dianggap sebagai madu palsu. Banyak orang penasaran untuk membedakan madu asli yang dihasilkan lebah pencari makan di alam bebas dari madu palsu (sirup gula, misalnya).

Disinyalir, peredaran madu palsu di Indonesia sangat tinggi. Uji coba madu asli atau palsu lewat aroma, semut yang mengerubuti, kekentalan jika diteteskan pada debu, belum jadi jaminan keaslian sebuah produk madu.

Di laboratorium, kandungan glukosa pada madu murni agak dominan kelihatan dan kandungan sukrosa lebih menonjol pada madu palsu. Madu asli mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asamfolat dan vitamin K.

Madu asli mengandung enzim sedangkan madu palsu tidak. Enzim tidak bisa dibuat manusia, dan hanya bisa dibuat lebah madu. Enzim-enzim terpenting dalam madu; diatase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase dan lipase. Diastase merupakan enzim pengubah karbohidrat komplek (polisakarida) jadi karbohidrat sederhana (mono sakarida). Invertase merupakan enzim pemecah molekul sukrosa jadi glukosa dan fluktosa. Oksidase mengemban peran sebagai enzim pembantu oksidasi glukosa jadi asam peroksida. Enzim peroksidase melakukan proses oksidasi metabolisme. Semua zat berguna untuk proses metabolisme tubuh.

Sedangkan madu palsu mengandung campuran glukosa dengan gula pasir, buah, flavour dan zat warna sangat merugikan kesehatan manusia. Ciri-ciri madu asli harus berwarna-warni, hitam pekat (berasal dari bunga akasia), hitam kemerah-merahan, kuning cerah, kekuning-kuningan atau kuning keputih-putihan (lebah budidaya). Bila mendapatkan madu dengan warna dan kekentalan sama perlu diwaspadai karena warna madu asli tidak pernah sama.

Aroma juga bisa dijadikan media untuk menentukan asli atau palsunya sebuah produk madu. Madu asli punya aroma dan bau khas seperti madu dari bunga rambutan, kapuk randu atau kelengkeng. Ini berbeda dengan madu palsu yang sama sekali tidak beraroma.

Pengujian lain, madu asli bila dituangkan di atas piring sebanyak dua senduk lalu disirami air putih dan digoyang ke kanan ke kiri akan membentuk sarang lebah. Jika tidak menyebar bahkan bercampur dengan air, maka terkategori madu palsu.

Konsumen juga dianjurkan untuk mencoba sendiri dengan menjadikan tubuh sebagai lab alam. Caranya, puasa selama 10 jam, lalu periksa gula darah. Katakan A minum madu 2-3 sendok. Sesudah 2 jam, periksa lagi gula darah. Katakan B bila madunya murni dan alami, selisih antara B dengan A kecil.

Penderita diabetes mellitus (DM) yang berpengalaman minum madu bisa merasakan madu murni dan madu palsu. Bila setelah minum madu, badan jadi segar dan bertenaga kembali (sama seperti bukan penderita DM yang baru saja minum teh manis), itu menandakan madu yang baru diminum murni dan alami. Dalam tubuh penderita DM, madu diubah jadi tenaga (tanpa bantuan insulin).

Sayangnya, saat ini banyak madu palsu yang menyerupai madu asli hingga cara-cara tersebut hanya bisa sebagai bahan pertimbangan saja. Tipsnya adalah dengan membeli madu di tempat yang sudah terpercaya. Bila terpaksa membeli di tempat lain, bandingkan apakah harganya tidak terlalu beda jauh dengan madu sejenis dari merk lain. Jika harganya sangat murah, bias jadi madu tersebut adalah madu buatan.

Semoga informasi tentang cara memilih madu dengan membedakan ciri-ciri madu asli dan palsu ini bermanfaat bagi Anda.

[Sumber: http://hutantropis.com/tips-membedakan-madu-asli-dan-palsu-2%5D

 

Madu termasuk produk yang mudah dipalsukan. Dengan menjual madu palsu, keuntungan besar bisa diraih. Upaya untuk membuat madu palsu pun tidak sesulit seperti mengusahakan madu yang asli. Makanya, madu palsu pun begitu banyak beredar di masyarakat. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan, sekitar 80% madu yang dijual adalah madu palsu. Keadaan ini pun bukan mustahil terjadi pula di Indonesia.

Kita tentunya tidak ingin membeli madu palsu. Karena bisa dipastikan rasa, kualitas, dan khasiatnya akan kalah jauh dibanding madu asli. Karena itu kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri madu yang asli. Atau setidaknya kita tahu bagaimana memilih madu yang berkualitas bagus, sehingga tidak mudah tertipu oleh penjual madu palsu.
Madu yang asli adalah madu yang dihasilkan dari cairan nektar bunga yang dihisap oleh lebah madu dan dimasukan ke dalam kantong madu di dalam tubuhnya. Nektar bunga yang telah dihisap diolah dalam tubuh lebah dengan dicampur enzim tertentu kemudian dikeluarkan kembali ke tempat penyimpanan madu di sarang lebah.

Kandungan madu asli sangat beraneka ragam tergantung dari sumber nektar dimana lebah memperolehnya. Namun dari manapun nektarnya, madu asli merupakan sumber gizi yang sangat lengkap. Madu asli mengandung Vitamin-Mineral, Protein, Zat hidrat arang, Hormon, Antibiotik dan trace Elemen.Vitamin A,semua jenis vitamin B kompleks, beta caroten, Vitamin C,D,E dan K. Mineral dalam bentuk garam: Mg, S, Fe, Ca, Cl, K, Y, Na, Cu, dan Mn.

Madu asli mengandung enzim aktif yang tidak dapat di produksi manusia. Enzim inilah unsur yang paling penting di dalam madu yang berfungsi sebagai kelangsungan rekasi kimia biologis dan sitem metabolisme di dalam tubuh. Enzim di dalam madu merupakan enzim terbaik yang dapat kita peroleh dari semua makanan yang ada.

Tips membeli Madu asli
Belilah madu langsung dari peternakan lebah pada saat panen madu.
Jika tidak mengetahui tempat peternakan lebah belilah madu asli kepada peternak lebah yang terpercaya (diakui secara nasional keberadaannya).

Madu asli mempunyai aroma, warna dan rasa yang khas tergantung jenis nektar yang dihisap lebah.
Tuang madu ke segelas air, madu asli langsung mengendap dan tidak bercampur dengan air, jadi air tetep jernih.
Madu asli bersifat menyerap air, jika madu dibiarkan terbuka pada tempat dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.

Madu asli jika dituangkan ke dalam air hangat tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk. Bagi madu yang sudah dicampur akan lebih cepat membuat keruh.
Usahakan saat membeli mengetahui jenis nektar madu tersebut. Karena tiap nektar mempunyai sifat dan karakter fisik yang khas. Misalkan madu Kapuk dan Kaliandra, madu Kapuk tidak akan mengkristal walaupun disimpan lama di kulkas, sedangkan madu Kaliandra akan cepat mengkristal seperti gula. Jadi jika membeli madu Kapuk tapi madu tersebut mengkristal bisa dipastikan madu itu palsu atau dicampur.

Belilah madu asli di tempat yang dipercaya, seperti di peternakan lebah. Jika tidak mengetahui dimana membeli madu yang asli setidaknnya bisa dilihat dengan membandingkan harganya.
Kandungan madu yang tidak bisa dipalsukan adalah adanya kandungan Enzim Diastase. Kandungan diatase inilah salah satu yang digunakan acuan SNI untuk menentukan madu itu asli atau tidak. Karena enzim ini hanya bisa dihasilkan dari kelenjar ludah lebah.

Tips di atas tidak membuktikan 100% benar karena yang membedakan madu asli dan palsu hanya dapat dibuktikan dengan uji laboratorium.
Lebih aman belilah madu ke peternak lebah yang telah mempunyai standar madu dari SNI sebagaimana yang terlihat pada tabel. (ph)

[http://proherbal.net/memilih-madu-yang-berkualitas/]

 

Recent Posts :

19 Responses to “CARA MENGETAHUI MADU ASLI”

  1. carpet 7 November 2011 at 11:18 #

    jadi seperti itu yah ?

  2. Nur 26 November 2011 at 11:00 #

    Saya Jual Madu Hutan Asli dari RIAU – SUMATERA
    Madu kami datangkan Langsung dari PETANI MADU HUTAN di Riau. Keaslian Madu Kami Jamin 100 %
    Khasiat & Keasliannya sudah banyak yang membuktikan….

    Alamat :
    Pogung Lor No. 173 RT 08 / RW 47 Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. ( Nur )

    • NUR BUDILAKSANA 21 October 2012 at 12:42 #

      saya agen madu WANAJAVA, MADU ASLI PRODUK PERHUTANI.
      Pemasanan : PONDOK MAJAPAHIT I BLOK Q.7. 081805992959

  3. Ibrahim Somadinata 8 January 2012 at 21:19 #

    Terimakasih, atas ketersedian untuk membuat Comment, Kami adalah salah satu petani Madu Apis Cerana Multiflora lokal, ingin berbagi ilmu kepada siapapun, silahkan buka di http://www.madubandungibrahim.com. Demikian yang bisa kami sampaikan,
    Salam,
    Ibrahim. S

  4. Nuhana Madu 4 February 2012 at 07:58 #

    terima kasih…urainya sangat membantu untuk menjelaskan tentang madu asli kepada konsumen…

  5. algi 12 February 2012 at 20:20 #

    nice info gan..
    saya jd ngerti skrang..
    ty gan.. :D

  6. Toko Online Madu Asli Arbain 14 February 2012 at 10:43 #

    Jaman sekarang memang banyak sekali madu palsu yang beredar, sebagai konsumen kita harus cerdas dalam memilih dan membeli Madu yang benar-benar asli. Tips2 diatas akan sangat bermanfaat bagi siapapun yang ingin terhindar dari penipuan madu, yang katanya asli tapi kenyataanya madu palsu/campuran

  7. Madu 10 March 2012 at 12:57 #

    Informasi yang sangat bermanfaat, Jazakalloh khairan katsira…

  8. madu asli 27 March 2012 at 20:50 #

    jelas bgt artikelnya. terima kasih. membantu sekali :)

  9. Infomadumurni 7 May 2012 at 14:19 #

    Sangat bermanfaat infonya, yukkk mari kita sama2 kampanyekan penggunaan madu asli.
    untuk info seputar madu klik infomadumurni.blogspot.com

  10. agita 24 May 2012 at 23:48 #

    Terimakasih infonya pak, sangat berguna

    • arip 14 March 2013 at 18:55 #

      bohong nama nya kalau madu dimasukan kedalam air.
      ituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebal.
      madu terlapau muda bisa lah menyebar kedalam air.
      saya dari pksm budi daya lebah madu sumbar.
      arip
      081363769554

  11. tawonklanceng 17 December 2012 at 10:26 #

    Referensi ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kami tentang madu yang asli dan palsu.

  12. Abi Ghaazi 26 December 2012 at 08:42 #

    Terimakasih admin, atas infonya.
    Kami menjual madu HUTAN dari sumatera selatan, kab. Tanjung enim. Ds. Simpang mio. (Orang sumatera pd tau tu lokasinya) insya Allah asli dan murni. Di sini kampung istri saya tinggal. Usaha sampingan keluarga yaitu jika ada yg pesan di ambilin. Panen 1 bln 1 kali. Karna madu hutan rimba stok tidak banyak paling 100kg. Lokasi saya di bekasi biasa saya jual ke tetangga, teman kerja, teman di masjid, pengajian. Bagi yg mau nyicip silakan mampir atau janjian
    Alamat: Bekasi, Di Kraji
    Hp 081384435131 / 083879558321 (whatapps/ viber)

  13. arip 14 March 2013 at 18:56 #

    ituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebal kan
    paktal nama nya tidak mungkin lah.
    madu terlapau muda bisa lah
    081363769554

  14. arjun lap 15 August 2013 at 09:16 #

    Terimakasih atas artikelcara membedakan madu asli sangat bermanfaat bagi orang yang awam

  15. Madu Asli - High Desert 22 January 2014 at 00:30 #

    Madu Clover Honey terbukti asli baik diuji secara manual mapun menggunakan alat pendekteksi kemurnian madu yang canggih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 199 other followers

%d bloggers like this: