PENGADILAN SEORANG NENEK YANG MENCURI SINGKONG

2 Mar

Di ruang sidang pengadilan, seorang hakim duduk tercenung menyimak tuntutan jaksa PU terhadap seorang nenek yang dituduh mencuri singkong. Nenek itu berdalih bahwa hidupnya miskin, anak lelakinya sakit, dan cucunya kelaparan. Namun seorang laki yang merupakan manajer dari PT yang memiliki perkebunan singkong tersebut tetap pada tuntutannya, dengan alasan agar menjadi contoh bagi warga lainnya.

Hakim menghela nafas. dan berkata, “Maafkan saya, bu”, katanya sambil memandang nenek itu.

”Saya tak dapat membuat pengecualian hukum, hukum tetap hukum, jadi anda harus dihukum. Saya mendenda anda Rp 1 juta dan jika anda tidak mampu bayar maka anda harus masuk penjara 2,5 tahun, seperti tuntutan jaksa PU”.

Nenek itu tertunduk lesu, hatinya remuk redam. Namun tiba-tiba hakim mencopot topi toganya, membuka dompetnya kemudian mengambil & memasukkan uang Rp 1 juta ke topi toganya serta berkata kepada hadirin yang berada di ruang sidang.

‘Saya atas nama pengadilan, juga menjatuhkan denda kepada tiap orang yang hadir di ruang sidang ini, sebesar Rp 50 ribu, karena menetap di kota ini, dan membiarkan seseorang kelaparan sampai harus mencuri untuk memberi makan cucunya.

“Saudara panitera, tolong kumpulkan dendanya dalam topi toga saya ini lalu berikan semua hasilnya kepada terdakwa.”

sebelum palu diketuk nenek itu telah mendapatkan sumbangan uang sebanyak Rp 3,5 juta dan sebagian telah dibayarkan kepanitera pengadilan untuk membayar dendanya, setelah itu dia pulang dengan wajah penuh kebahagian dan haru dengan membawa sisa uang termasuk uang Rp 50 ribu yang dibayarkan oleh manajer PT yang menuntutnya.

Semoga di indonesia banyak hakim-hakim yang berhati mulia seperti ini.

Sumber: Polres Sidoarjo

( https://www.facebook.com/pmc.polres.sidoarjo ).

Recent Posts :

8 Responses to “PENGADILAN SEORANG NENEK YANG MENCURI SINGKONG”

  1. Ummu Laika 2 March 2012 at 10:31 #

    Subhanalloh
    semoga nenek diberi kesabaran dan semoga pak hakim senantiasa berhati lembut

  2. Ahsan 2 March 2012 at 11:16 #

    kami seluruh bangsa Indonesia mengharapkan hakim yang seperti ini, semoga hakim – hakim di INdonesia membaca ini, dan sadar

  3. admin kisah islam 2 March 2012 at 23:41 #

    bismillah,
    afwan akh, apakah benar cerita di atas? tadi ana lihat di link sebuah blog, bahwa cerita semacam ini di rekayasa. wallahu a’lam.
    coba antum ke http://genenetto.blogspot.com/2012/02/cerita-rekayasa-tentang-hakim-dan.html
    barakallahu fiik..

  4. rahmat999 3 March 2012 at 16:12 #

    insyallah hakim di berikan rezky yg melimpah dunia dan akhirat

  5. susanto 18 March 2012 at 20:07 #

    Amin allahumma amien…!!!

  6. Ar-Rahman 30 April 2012 at 14:30 #

    Pelajaran bagi kita untuk menjadi manusia-manusia yang peka terhadap lingkungan sekitar dan bukan hanya memanfaatkan kemiskinan orang lain untuk popularitas dan kepentingan kelompok semata. Beramal harus lillahita’ala.

  7. allomboki 4 June 2012 at 21:45 #

    berbaktilah wahai hamba Allah jg biarkan ibu,nenek kita seperti ini lagi perhatikanlah dan berbaktilah,! ibu adalah harta simpanan yang sgt berharga kelak di akhirat dan harta yang hilang dan membawa bencana bagi org yang durhka dan hanya mementingkan perutnya tanpa memperhatikan orang lain apalagi ibu kandungnya sendiri, dan bagi para pejabat jangan makan uang rakyat dg cara yg batil kelak engkau akan di hisab oleh Allah dan Akan dituntut oleh 240 jt rakyat indonesia bisa jadi engkau kaya di dunia tapi engkau akan menjadi org bangkrut di akhirat dengan kezaliman yang engakau lakukan kepada rakyat ini tuk para pejabat

  8. allomboki 4 June 2012 at 21:53 #

    Tambahan, bisa jadi hal seperti ini terjadi karena mugkin gak ada yang di makan sama nenek itu, dan ini adalah tugas kita sebagai anak tuk berbakti kepadanya dan pejabat tuk memperhatikan rakyatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 208 other followers

%d bloggers like this: