KISAH NYATA: TERPERANGKAP 5 HARI DI BLANK 75, GN. SEMERU

8 Sep

10927527_10200174950813816_1997805090886399755_o
Saya (Dian Suanto) yang biasa dipanggil stempel dan hanya ingin berbagi cerita karena teman yang kadang bertanya tentang perjalanan saya. Pada tanggal 18 November 2006 saya dan windarto yang biasa dipanggil metehek adalah anggota Mahapala D3 FE Unej Jember sudah merencanakan untuk melakukan perjalanan ke gunung semeru setelah akhir ujian semester. Kami berdua mengajak teman yang juga mahasiswa FE Unej yaitu Fuad Haditya dan Sholeh hanafi.

Continue reading

KAMBING GUNUNG DAN RIZKINYA

8 Sep

1509242_10200169054226405_4899501621767967814_n

Kambing2 gunung mengenal Penciptanya dan mereka berjalan mencari rizki dengan fithrah yang Allah berikan kepada mereka yang dengan fithrah tersebut mereka mendapat petunjuk menuju apa-apa yang bermanfaat bagi mereka. Di akhir siang mereka kembali ke sarangnya dalam keadaan perut kenyang dan demikianlah keadaan mereka setiap hari dan Allahlah yang memberi rizki kepada mereka dan yang memudahkan rizki bagi mereka.

Continue reading

MEMBAWA CINTA KE GUNUNG

8 Sep

10898049_10200158548843777_5844488815907197362_n
Moment seperti ini bagi kami lebih indah dan berharga daripada berduaan (dgn istri) di kamar hotel bintang 5, atau dinner di restaurant elite, atau belanja ke Mall terbesar.

Memiliki pendamping hidup yg sehobi adalah kenikmatan tersendiri. Mereka akan saling mendukung dan membantu akan hal ini. Tidak bisa dirasakan oleh orang2 yang tidak seperti mereka. Mencintai karena agama itu utama, tetapi mencintai karena agama dan sifat yang sama, itu bisa menjadi sesuatu yg luar biasa.
Continue reading

DIBALIK ZONA NYAMAN

8 Sep

906663_10200153511477846_4608968767836266506_o

Kata bang Ginanjar Indrajati Bintoro, “Orang yang terbiasa hidup berada dalam “zona nyaman”, umumnya tidak siap ketika terjadi hal besar di luar dugaan…
Berbicara mendaki gunung, kita berbicara tentang sport & survival. Meskipun saya masih belum tingkat expert, tetapi saya memandang kawan2 pendaki terlatih, skill mereka bermanfaat ketika terjadi hal2 yang tak terduga seperti bencana alam.
*) ini adalah hal yang tidak bisa dimengerti oleh orang yang terlalu terbiasa di zona nyaman.”
————————————————

Bener sekali… tidak akan bisa nyambung diskusi antara orang yg saling berbeda bidangnya. Seperti halnya diskusi ttg sepeda antara gowesser dengan org yg gak paham sepeda.

Contoh kasus: org yg gak paham sepeda bilang, masak sepeda seharga motor dan ada yg sampe puluhan juta? Itu namanya mubazir dan pemborosan. Tapi bagi seorg gowesser yg paham sepeda, dia tdk akan mungkin berbicara seperti itu, karena dia sudah memiliki ilmu ttgnya. Paham knp sepeda bisa semahal itu. Krn dlm dunia sepeda memiliki byk kelas dan dilihat peruntukannya, faktor brand dan kualitas juga bisa mempengaruhi.

Kembali ke tema Survival, begitu jg ttg pembahasan Survival, tidak akan bisa nyambung antara seorg pendaki dgn seorg yg belum ngerasain ‘Adventure’. Dari kacamatanya sj sudah beda, maka jelas tdk akan ada titik temu. Bahkan diantara sesama ‘Adventurer’ aja bisa terjadi perbedaan, dilihat dari byknya pengalaman masing2.

Jadi survival itu berfungsi ketika dalam keadaan DARURAT. Bukan dibikin darurat atau darurat dibikin2 atau mengundang darurat. Selama masih ada alternatif lain, ya berarti kondisi masih blum bisa dibilang darurat.

Seperti kasus masak air di dalam botol plastik. Sudah sangat jelas disebutkan kalo tips ini hanya utk keadaan darurat. Kalo masih bisa masak air di dispenser, atau kompor gas, ya namanya itu bukan darurat. Lagipula mana ada orang survival di dalam hotel…hehe

Pengalaman ana, kalo pergi naik gunung gak cuma bawa botol plastik, tapi bawa perlengkapan lengkap, kompor, panci, termos, dll. Tapi kalo sdh musibah, bisa jadi perlengkapan tadi tdk bermanfaat atau hilang atau terpisah. Spt saat ana kena hypo krn kehujanan, pdhal kami bawa perlengkapan lngkap tmsuk tenda. Berhubung yg bawa tenda tertinggal jauh di belakang dan sulit disusul, akibatnya tenda tdk bisa dimanfaatkan sama ana.

Jadi, berbicaralah kita sesuai di bidangnya masing2. Jangan sampe gak paham ttg survival tapi berani bicara di forum para pendaki yg akibatnya malah jadi bahan bully-an. Continue reading

1001 JALAN MENUJU NGOPI

8 Sep

10888451_10200149382694629_5173922237851830133_n

Teknik survival; merebus air menggunakan botol bekas kemasan air mineral.

1. Isi botol air mineral dengan air. Jangan kepenuhan mengisinya, cukup 3/4 saja. Jangan ditutup, ntar bisa meledak.
2. Siapkan perapian.
3. Gantung botol yang sudah terisi air tersebut di atas perapian.
4. Jagalah apinya, jangan sampai jilatan api yang mengenai pantat botol terlalu besar. Pakailah api sedang saja.
5. Jika sudah mendidih, tuang ke dalam cangkir kopi atau mie instant. Jangan lupa ajak saya..

Catatan;
Gunakan teknik di atas hanya ketika dalam keadaan darurat saja.
Continue reading

SUASANA MALAM TAHUN MASEHI BARU DI NEGERI YANG KATANYA WAHABI DAN ANTEK YAHUDI

8 Sep

10885025_10200139343563657_4766202407809132865_n

SUASANA MALAM TAHUN MASEHI BARU DI NEGERI YANG KATANYA WAHABI DAN ANTEK YAHUDI.
JADI SIAPAKAH YG ANTEKNYA YAHUDI/AMERIKA?

السعودية
تحظر المملكة الاحتفال بليلة رأس السنة الجديدة في المملكة السعودية لأسباب دينية . بيع البضائع المتعلقة بالاحتفالات مثل الزهور والدمى هو أيضًا غير قانوني

(Negara Saudi)
“Pihak Kerajaan melarang keras perayaan malam tahun baru masehi di kerajaan Saudi Arabia karena alasan agama. Menjual barang-barang yang berkaitan dengan perayaan; seperti bunga-bunga (kembang), boneka tiruan juga termasuk perkara yang tidak diperbolehkan (ilegal).”
(http://ar.wikipedia.org/wiki/ليلة_رأس_السنة)

Malam ini,
Disaat orang-orang (baik di Negara mayoritas muslim atau kafir) sedang bekumpul bersama, bersuka cita menunggu pergantian tahun baru masehi.

Continue reading

HATI-HATI SMS ANAK ZAMAN SEKARANG

8 Sep

10559687_10200128345888722_7152553482842732258_n

(Hasil Seminar tanggal 30 Oktober di Kemang Village, Jakarta)
Oleh: Elly Risman, M.Psi (Yayasan Buah Hati)

Di share dari teman yang ikut di Jakarta. Panjang tapi sangat menarik buat orang tua agar aware. Seminar dibuka dengan layar presentasi yang menayangkan contoh SMS anak sekarang, dengan huruf biasa tapi dibuat secara ALAY, tapi dibuat sedemikian rupa, sehingga kami, seluruh orang tua yang ada di ruangan seminar, tidak ada yang bisa membaca SMS apakah itu? Apa maksud SMS tersebut?

Alaaahh…SMS alay kan bisa dibaca. Meski bikin mata dan otak kerja keras dulu buat tahu maksudnya? NO! Totally, nggak ada satupun yang bisa baca SMS tersebut. Dan, Taaaraa…..ternyata selain dengan huruf alay, SMS tersebut, dibacanya harus dengan posisi HP terbalik (bagian atas HP menjadi bagian bawah)! Can you imagine that????
Continue reading

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 238 other followers