JIKA ORANG YANG KITA CELA TERNYATA LEBIH BAIK DARI KITA

2 Jun

Abu ar Rabi’Muhammad bin al Fadhl al Balkhi menceritakan, aku mendengar Abu Bakar Muhammad bin Hatim bin Mahrawaih ar Razi berkata, aku mendengar Ali bin al Husain bin al Junaid, ia berkata, aku pernah mendengar Yahya bin Ma’in berkata, “Mungkin saja kita mencela suatu kaum, (padahal) ternyata mereka telah melangkahkan kaki mereka ke surga lebih dari dua ratus tahun yang lalu.”

Ibnu Mahrawaih menceritakan, “Aku pun menemui Abdurrahman bin Abu Hatim, yang kala itu sedang membacakan kitab al Jarhu wat Ta’dil (ilmu tentang celaan dan pujian kepada perawi hadits) kepada orang banyak. Aku menuturkan hal ini kepada beliau (tentang perkataan Yahya bin Ma’in), maka beliau pun menangis dan kedua tangannya gemetar sampai2 kitabnya terjatuh. Beliau terus menangis dan meminta saya untuk terus mengulang-ulang cerita itu.”

Imam Adz Dzahabi berkata, “Beliau tersentuh mendengar cerita itu karena takut dan khawatir akan akibat yang dapat menimpanya. Karena cerita semacam itu bila ditujukan kepada para perawi bermasalah, memang merupakan nasihat semata demi agama Allah dan demi membela as Sunnah.” (Siyar A’lam an Nubala, 13/268)

 

Recent Posts :

3 Responses to “JIKA ORANG YANG KITA CELA TERNYATA LEBIH BAIK DARI KITA”

Leave a Reply

