PENDAKIAN KAWAH RATU / GUNUNG SALAK (PICS)

7 Jun

This slideshow requires JavaScript.

Kronologis Pendakian Kawah Ratu-Gunung Salak 18 september 2010:

– Peserta pendakian berjumlah 9 orang, yaitu Faishal, Abu Fahd (Fitr), Arfan, Toto, Yudha, Darwin (Abie Ari), Syafril, Oghie, dan Andi. Diketuai oleh al Akh Faishal. Semua peserta berasal dari Bojong Gede (Bogor).

– Hari Kamis tgl 16 September 2010 ba’da Maghrib seluruh peserta pendakian berkumpul di Mushala Nurul Hikmah Bojong Gede untuk bermusyawarah dan mendapat pengarahan seputar pendakian yang akan dilakukan esok hari.

– Hari Jumat tgl 17 September 2010 ba’da shalat jum’at seluruh peserta berkumpul kembali di Mushala Nurul Hikmah untuk persiapan berangkat ke Kawah Ratu. Seluruh peserta dan perlengkapan mendaki semuanya komplit dan hanya ada sedikit kekurangan tapi masih bisa diatasi.

– Jam 14 siang start atau berangkat dari Bojong Gede menuju Bogor dengan menaiki kereta ekonomi jurusan Bogor. Kendala yang terjadi adalah kereta telat datangnya sehingga kami semua terlambat sampai di Bogor.

– Jam 16 kereta sampai di stasiun Bogor. Kami semua bergegas ke Masjid Polwil Bogor untuk melaksanakan shalat Ashar terlebih dahulu. Qadarullah sampai di Masjid hujan turun dengan lebatnya sehingga kami terhalang untuk segera pergi ke Kawah Ratu. Terpaksa mau tidak mau kami harus menunggu sampai hujan reda.

– Jam 17.30 hujan reda dan kami pergi menuju Kawah Ratu dengan menaiki angkot 03 yang sudah kami carter sampai tujuan dengan tarif hanya Rp.130ribu (9 org). Perjalanan berkisar 1 jam lebih ke Gerbang Gunung Bunder atau loket Kawah Ratu.

– Jam 18.45 kami sampai di loket Kawasan Wisata Kawah Ratu. Keadaan sudah gelap gulita dan suhu begitu dingin, namun Alhamdulillah cuaca terang ditambah sinar bulan yg terlihat jelas dan bintang2 di langit yg bertaburan indah. Segera kami mencari tempat yang bagus untuk mendirikan tenda dan dekat dengan sumber air.

– Setelah mendirikan tenda, kami mempersiapkan makan malam, dan setelah itu shalat Maghrib dan Isya dengan di Jama’ (Ta’khir) Qashar. Barulah kemudian kami semua istirahat atau tidur agar pendakian besok pagi kami semua dalam keadaan fit. Namun sebagian dari kami tidak bisa tidur dengan nyenyak dikarenakan cuacanya yg sangat dingin sekali, apalagi tidak semua diantara kami memiliki Sleeping bag. Maka dari itu bagi yang ingin bermalam di gunung hendaknya membawa Sleeping bag agar tidak terganggu dari dinginnya cuaca di saat tidur.

– Hari Sabtu tanggal 18 September 2010 jam 4 pagi kami semua bangun dari tidur, kemudian shalat Witir dan disusul dengan shalat Subuh, setelah itu mempersiapkan sarapan agar pendakian bisa secepatnya dilakukan.

– Jam 07 kami mulai melakukan pendakian ke puncak Kawah Ratu. Diantara kami belum ada yang memiliki pengalaman mendaki ke puncak Kawah Ratu sama sekali. Kami mendaki ke atas tanpa dipandu oleh Guide. Pendakian sepanjang -+5 km dengan track yang begitu sukar. Dua pertiga dari perjalanan melewati jalur sungai sehingga mau tidak mau kami harus berani main basah-basahan. Ditambah lagi lumpur tanah maupun lumpur belerang yang dalam sehingga beberapa orang diantara kami terperosok ke dalam lumpur sampai sedengkul. Track yang dilewati hanya setapak dengan dipenuhi batu-batuan yg basah dan licin akibat hujan dan air sungai, sebagian adalah lumpur. Tapi untungnya kami dibantu oleh akar-akar pohon sehingga track yang dilewati tidak terlalu berat sekali.

– Jam 10 kami akhirnya sampai di puncak Kawah Ratu dengan ketinggian sekitar 1500 m dari permukaan laut. Cuaca disekitar kawah agak panas dikarenakan pengaruh kawah dan asap belerang yang bau dan membuat kapala kami pusing. Berarti pendakian kami hanya menempuh waktu sekitar 3 jam saja.

– Jam 11 kami pun turun kembali. Kami tidak ingin berlama-lama di puncak dikarenakan khawatir menghirup gas beracun yang datang secara tiba-tiba. Menurut berita yang sampai kepada kami, belum lama ini ada 6 orang tewas akibat menghirup gas beracun di puncak Kawah Ratu tersebut. Lagi pula cuaca di atas mulai mendung dank abut mulai turun, kami tidak ingin sampai kehujanan di jalan.

– Diperjalanan turun kami sempat mandi-mandi di sungai yang begitu jernih airnya, sehingga badan kami yang terasa pegal-pegal dan gerah menjadi segar dan semangat kembali. Kami tidak tahu bahwa sungai yang kami mandi tersebut adalah sungai yang sangat rawan karena air bah-nya.

– Jam 13.30 kami akhirnya sampai di bawah di tempat kami memasang tenda. Perjalanan turun hanya memakan waktu 1,5 jam saja dan tidak seberat pendakian pertama. Kemudian kami memasang tenda lalu menyiapkan makan siang. Kami pun akhirnya bermalam lagi di tempat tersebut.

– Hari Ahad 19 September 2010 jam 06.30 persiapan untuk pulang ke rumah. Kami sudah dijemput oleh angkot yang kami naiki sebelumnya waktu pergi. Jam 09 akhirnya kami sampai di Bojong Gede. Sebelum pulang kami berkumpul di mushala Nurul Hikmah untuk istirahat sejenak sekalian membenahi barang bawaan kami. Barulah setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing. Alhamdulillah jam 10 akhirnya saya sampai di rumah tercinta dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga tercinta. Biaya yang kami keluarkan semuanya relative murah, yaitu hanya Rp.75ribu perorang, sudah termasuk transportasi smp tujuan pulang pergi, makanan-makanan selama disana beserta perlengkapan, akomodasi atau tempat nginap, karcis masuk, dll.

– Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb semesta Alam, yang telah memberikan perlindungan kepada kami, memberikan keselamatan, kemudahan juga kesehatan kepada kami sehingga kami bisa melaksanakan aktivitas kami dengan mudah dan selamat sampai kembali ke tempat tinggal kami masing-masing.

Baca juga:

55 ADAB DALAM MENDAKI GUNUNG MENURUT SYARIAT (EDISI REVISI)

KESALAHAN-KESALAHAN KETIKA MENDAKI GUNUNG MENURUT SYARIAT

Recent Posts :

3 Responses to “PENDAKIAN KAWAH RATU / GUNUNG SALAK (PICS)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: