JANGAN KAU DUAKAN ‘SALAFI’-KU…

28 Jun

 

 

“Wahai saudaraku-saudaraku yang tercinta… mereka itu adalah orang-orang yang mempersempit makna salafiyah.

Mereka adalah orang -orang yang mengambil bagian persangkaan, orang-orang yang tidak menerima taubat, orang-orang yang memperbincangkan manusia dan tidak mau menyebarkan kebaikan. Merekalah orang-orang yang lebih banyak memberikan mudhorat kepada salafiyah daripada kebaikan yang mereka berikan kepadanya…

..Sesungguhnya jika anda melihat pada para ulama Saudi maka berapakah jumlah mereka? (cukup banyak!!!) sementara orang-orang itu hanya menginginkan tiga atau empat ulama saja, sementara yang lain “bukan termasuk salaf”?!!

Ini adalah musibah besar. Sesungguhnya jika anda melihat kepada ulama di dunia Islam saat ini, anda akan mendapati bahwa pada diri mereka terdapat kesalahan-kesalahan. Jika melihat kepada para ulama umat ini yang memberikan pelayanan pada agama semisal Ibnu Hajar, An-Nawawi, Ibnu Qudamah penulis kitab al-Mughni dan kitab-kitab bermanfaat lain, Ibnu Uqail, dan Ibnul Jauzi maka anda akan mendapatkan bahwa mereka memiliki karya-karya yang bisa mengeluarkan mereka dari salafiyah, karena terdapat beberapa kritikan di sana.

Orang-orang yang menyempitkan makna salafiyah tersebut telah berbuat buruk pada umat ini. Oleh karena itu , lihat kepada Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahulloh, dan Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahulloh, bagaimana keduanya bermuamalah dengan manusia. Bagaimana keduanya memperindah akhlak-akhlak mereka, bagaimana kedunya menerima para thalabul ‘ilmi (penuntut ilmu), bagaimana keduanya menghormati para ulama? Apakah manhaj seperti ini ada pada mereka (orang-orang yang mempersempit makna salafiyah itu)? Tidak. Mereka tidak ridho kecuali dari sejumlah kecil yang terbatas dengan hitungan jari jemari dari para thalabul ‘ilmi, yang menyibukkan diri dengan memakan daging para ulama dalam majelis-majelis mereka. Dan kadang memaksakan ucapan-ucapan mereka kepada apa yang tidak terkandung di dalamnya, bahkan kadang mereka berdusta atas nama mereka. Tidak ada dalam kamus mereka kata taubat. Mereka tidak menerima seorangpun untuk kembali. Mereka mempersempit agama ini. Mereka bergembira dengan keluarnya manusia darinya, dan tidak bergembira dengan menerima udzur manusia dan masuknya mereka kedalamnya.

Ini adalah sebuah musibah wahai saudaraku. Lihatlah wahai ikhwah fillah kepada kelembutan akhlak Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahulloh dan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahulloh, bagaimana mereka memberikan fatwa kepada seluruh generasi dunia islam sekalipun mereka berbeda-beda, di Eropa, Amerika, Afrika, Jepang, Indonesia dan Australia. Siapa yang ridho dengan keputusan mereka? Siapa yang ridho? Anda akan mendapati mereka menerima ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahulloh, dan Muhammad Ibnu ‘Utsaimin rahimahulloh dan fulan dan fulan. Akan tetapi apakah mereka (orang-orang itu) meridhoi masyayikh mereka? Tidak demi Alloh, mereka tidak meridhoinya. Mereka tidak akan menerimanya.

Sesungguhya titan mereka – mudah-mudahan Alloh Subhanahu wata’ala memberikan taufiq kepada mereka dan memberikan hidayah kepada mereka – adalah mempersempit makna salafiyah dan membuat orang lari dari salafiyah. Mereka menjadikan salafiyah sebagai sebuah makna sempit lagi terbatas. Kebanyakan perbuatan mereka adalah mengkafirkan manusia, menfasikkan manusia, mengumpulkan kesalahan-kesalahan mereka,merusak nama baik manusia, serta mencoreng kehormatan mereka.” (AR)

 

Oleh : Fadhilah As-Syekh DR.Abdulloh Al-Muthlaq (anggota haiah kibar ulama).

Dalam sebuah rekaman muhadhorah di kota Hail pada hari Rabu 19-Sya’ban-1424 H yang bertemakan “Al-Fitan Asbabuha wa ‘ilajuha” .

 

Dinukil dari : http://www.facebook.com/negara.tauhid/posts/1418690124594

3 Responses to “JANGAN KAU DUAKAN ‘SALAFI’-KU…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: