DIBALIK KHASIAT MINYAK ZAITUN

28 Jul

Minyak Zaitun telah dikenal ribuan tahun sebagai herbal yang sangat berkhasiat untuk menyehatkan jantung. Masyarakat yang terbiasa mengkonsumsi Minyak Zaitun sebagai bagian keseharian makanan mereka terbukti memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dan memiliki resiko lebih rendah terkena serangan jantung. Kandungan Minyak Zaitun sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

Orang-orang di negara-negara Mediterania misalnya, menjadikan Minyak Zaitun sebagai salah satu komponen penting dalam diet mereka. Diet ini dikenal dengan diet Mediterania. Diet ini kaya sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan juga lemak (sekitar 40 persen dari kalori total). Salah satu sumber lemak tersebut adalah minyak zaitun .

Studi menunjukkan, orang-orang yang mengikuti pola diet ini berisiko lebih rendah mengalami penyakit jantung dibandingkan orang-orang yang mengikuti pola diet Barat.

Orang dewasa yang mengonsumsi sekitar dua sendok makan virgin olive oil sehari selama satu minggu, memiliki kadar kolesterol lebih rendah dan kadar antioksidan lebih tinggi dalam darah.

Selain itu, sejumlah studi lainnya telah menemukan bahwa minyak zaitun tidak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Di samping itu, studi-studi menemukan, minyak zaitun memperlambat kontraksi perut serta membuat Anda lebih kenyang. Dan jika digunakan sebagai pengganti mentega, Anda bisa mengurangi sebanyak 52 kalori.

Jenis Zaitun

Tidak semua minyak zaitun diproduksi setara. Minyak yang baik akan bekerja lebih baik pula dalam menambah rasa makanan. Berikut tiga tipe utama minyak zaitun:

  • Extra virgin olive oil

Tipe ini mempunyai tingkat keasaman paling rendah dan mempunyai rasa serta aroma yang paling baik. Selain itu, minyak ini juga bekerja paling baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan paling kaya antioksidan.

  • Olive oil

Tipe ini merupakan campuran minyak zaitun yang sudah disuling dan extra virgin olive oil. Proses penyulingan telah menghilangkan warna, rasa dan beberapa nutrisi.

  • Light olive oil

Minyak zaitun tipe ini tetap mengadung kalori yang sama dengan dua tipe lainnya. Hanya saja, minyak ini dihasilkan dari campuran minyak zaitun yang sudah disuling dengan extra virgin oil dalam jumlah cukup sehingga bisa memberikan rasa dan warna ringan.

[http://proherbal.net]

 

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: