JIKA SUAMI PUNYA IDDAH

26 Nov

Ada 2 kondisi dalam hal ini bagi suami:

1. Suami yang beristri empat orang kemudian hendak menceraikan salah seorangnya. Setelah perceraian, maka bila seorang suami hendak menikah lagi, ia wajib menunggu masa ‘iddah istri yang dicerainya itu berakhir.
Karena seorang istri yang dicerai, pada dasarnya, ia masih berstatus sebagai istri dari suami yang menceraikannya, hingga masa ‘iddahnya berakhir.
Sehingga, selama masa ‘iddahnya belum berakhir, jumlah istri bagi laki-laki tadi tetaplah empat orang (istri yang dicerai masih dihitung). Dan haram bagi suami tersebut menikahi wanita lain yang akan menjadikannya memiliki lima istri.

Ket: bahwa syariat kita membatasi poligami maksimal hanya empat wanita saja!

Nah, bila masa ‘iddah istri yang dicerai tadi usai, maka ia tidak lagi berstatus sebagai istri dari laki-laki tersebut. Artinya, sekarang jumlah istri laki-laki itu tinggal tiga saja, sehingga dia berhak menikahi wanita lain pada saat itu.

Kondisi kedua: Seorang suami yang menceraikan istrinya, kemudian bermaksud menikahi saudara istrinya itu, misal kakak atau adiknya si istri atau pun bibi dan keponakan dari si istri.

(Ket: bahwa tidak boleh seorang laki-laki menikahi dua wanita yang masih bersaudara dalam satu waktu sekaligus.)

Namun bila ada dua wanita atau lebih yang masih punya ikatan kerabat dinikahi tidak dalam satu waktu, maka nikahnya sah-sah saja.

Contoh, seorang laki-laki menikah dengan seorang wanita, lalu wanita tadi diceraikan atau meninggal, maka laki-laki itu boleh menikah lagi dengan saudara mantan istrinya tersebut setelah masa iddah istrinya berakhir. Dan khusus bagi sebab perceraian, maka suami harus menunggu sampai masa ‘iddah istrinya berakhir.
Inilah iddah bagi suami.

Wallahu a’lam.

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: