KYAI BOJONG GEDE

26 Nov

Di Bojonggede ada seorang Kyai sepuh yang terkenal dan telah banyak mendidik murid2nya menjadi para Kyai dimana2. Alhamdulillah berkat hidayah dari Allah, Kyai tersebut menerima dakwah Salaf dan mulai konsisten untuk berjalan diatas manhaj Salaf, menegakkan sunnah dan meninggalkan bid’ah. Namun hal itu membuat banyak masyarakat resah, termasuk para Kyai sekitarnya. Karena amalan atau tradisi yang menyelisihi sunnah yang biasa mereka amalkan mulai dihilangkan oleh Kyai sepuh tersebut.

Akibatnya para tokoh2 Kyai ternama, serta tokoh masyarakat dan masyarakat sekitarnya membuat acara untuk menyidang dan mendebat Kyai sepuh tersebut yang tidak lain adalah gurunya sendiri. Sidang tersebut byk dihadiri manusia, bahkan dihadiri oleh MUI Bojonggede. Dan sidang tersebut tidak hanya sekali diadakan, tapi sempat beberapa kali. Dalam sidang itu, Kyai sepuh tersebut tidak berbicara sama sekali dan tidak menanggapi bantahan tokoh2 masyarakat. Karena dia hanya sendirian dalam acara itu! sedangkan lawannya sangat banyak sekali. Dikhawatirkan akan timbul mudharat yang jauh lebih besar.

Setelah sidang2 itu selesai, Kyai tersebut lebih fokus belajar untuk dirinya sendiri dengan banyak membaca buku. Beliau juga mendakwahi orang2 yang mau di dakwahi olehnya, sedangkan yang tidak menerima dakwahnya sangat banyak sekali. Padahal dulu masyarakat ditempatnya begitu taqlid kepadanya. Mereka berkata, seandainya Kyai itu mengatakan A, niscaya kami melakukannya, dan seandaianya Kyai itu mengatakan B, niscaya kami melakukannya pula. Namun setelah Kyai tsb berjalan di atas manhaj Salaf, masyarakatnya berubah, dan malah meninggalkannya.

Kyai tersebut juga pernah mendapat hadiah 1 set buku dari Ust.Abdul Hakim bin Amir Abdat. Ust.Abdul Hakim menghadiahkan kepadanya semua buku2 tulisannya sendiri yang jumlahnya mencapai belasan judul. Sekarang Kyai sepuh tersebut mulai lagi gencar berdakwah. Beliau juga menganjurkan murid2nya untuk membeli buku2 yang bermanhaj salaf dan jauh dari bid’ah seperti buku Doa dan Wirid ust.Yazid, dan buku lainnya, bahkan banyak menghadiahkan buku tersebut ke teman2nya. Sempat kemaren beliau mampir ke toko ana lagi, dan bercerita sedikit ke ana tentang masalah ini.

Semoga Allah memberikan kemudahan untuknya agar bisa istiqamah selalu diatas Hidayah-Nya.

Oleh Abu Fahd Negara Tauhid

Recent Posts :

5 Responses to “KYAI BOJONG GEDE”

  1. ABU FACHRI 17 April 2012 at 07:46 #

    assalamu alaikum barakallahu fiika ya akhi alhamdulilah saya juga baru dalam manhaj salaf ini dan kebetulan saya tinggal di daerah bojong juga ,saya kenal manhaj ini Allah menuntun saya ke negara saudi arabia melalui kawan saya yg kebetulan saya berjumpa di sana pada awal nya saya kaget tetapi ,,,,,,setelah saya tahu semua yg pernah saya lakukan bertolak belakang dengan sunah……dan bidah dengan berbagai macam caranya dgn tujuan mendekatkan diri kpd Allah ternyata semua nya tidak ada tuntunanya alhamdulilah semua itu atas petunjuk Allah membukakan mata hati saya terutama ….ya akhi sudilah kiranya akhi memberikan alamat kepada saya tempat2 mazlis ilmu salaf khusus nya di daerah bojong gede dan sekitar nya kebetulan saya saat ini masih berada di saudi arabia dan kebetulan saya ingin menyelesaikan pekerjaan dari saudi dan kembali ke tanah air ….dan kalau saya boleh tahu nama ulama yg baru masuk ke manhaj ini siapa insya Allah saya ingin sekali bersilaturahim dgn beliau semata hanya ingin menimba ilmu syukron …..assalam mualaikum wr wb

    • gizanherbal 18 April 2012 at 10:29 #

      Waalaikumus salam. Alhamdulillah…
      Kalau ant berniat, bisa menghubungi kami nanti setiba ant di indonesia. Kontak kami sudah tersedia lengkap dan mudah dicari. Bisa dilihat di menu: HUBUNGI KAMI

  2. yudistira 2 March 2013 at 06:43 #

    Mas, cerita ini serius? Subhanallah, kalau cerita tentang preman yang awalnya ditakuti seluruh kampung, taubat menju sunah, malah dikucilkan seluruh kampung ane pernah dengar, kalau ini belum pernah tau.
    Ini benar2 Kiyai sepuh? Subhanallah

  3. Achmadsetia Pramana 19 September 2013 at 19:10 #

    assalamualaikum sayapun awam sekali dalam pemahaman agama dan saya ingin sekali mendapatkan tuntunan yang benar tentang ajaran islam yang berpedoman quran dan sunnah rasul. mohon informasinya. wassallam syukron

    • negaratauhid 19 September 2013 at 19:38 #

      Waalaikumus salam. Semoga Allah senantiasa memberi kita ilmu yg bermanfaat.
      Ant bisa sharing disini:
      gizanherbal.wordpress.com/link-link/

Leave a Reply

