MUSLIM PAKAI SALIB?! (SALAH KAPRAH PENGGEMAR BOLA – PICS)

1 Mar

Pemuka agama di dua negara bagian Malaysia melarang umat Muslim di Negeri Jiran mengenakan kaos klub sepakbola Manchester United (MU). Pasalnya, gambar “setan merah” di kaos MU terlarang dalam ajaran Islam.

Dewan Keagamaan Johor dan Mufti negara bagian Perak menjelaskan bahwa gambar salib, minuman beralkohol, dan setan di kaos-kaos klub sepakbola merupakan penghinaan terhadap Allah dan tidak seharusnya dipakai oleh umat Muslim.

Kaos sepakbola lain yang dinyatakan tidak bisa diterima dalam Islam adalah kaos tim Brazil, Portugal, Serbia, Barcelona, dan Norwegia karena semua kaos tersebut mengandung unsur salib.

“Tidak ada alasan apapun yang bisa digunakan untuk memakai pakaian seperti itu, karena itu berarti, sebagai seorang muslim, kalian mengidolakan simbol agama lain,” kata Datuk Nooh Gadot, Mufti Johor, seperti dikutip VIVAnews dari laman Telegraph, Senin (20/7). “Dalam urusan ini, tidak ada yang bisa dikompromikan dengan alasan untuk hiburan, fashion, atau bahkan olahraga,” kata Nooh.

Mufti Perak, Tan Sri Harussani Zakaria, mengatakan bahwa umat Muslim yang mengenakan kaos sepakbola tersebut berarti melangkah di jalan dosa. Ini karena, kata Harussani, orang yang mengenakan kaos yang mengandung simbol kepercayaan berbeda lebih memprioritaskan agama itu dibanding agama Islam.

Peringatan tersebut menimbulkan berbagai reaksi dari fans MU di Malaysia. “Sebentar lagi pasti mereka (ulama) akan menyarankan untuk mengganti simbol aritmatika seperti tanda “+” dan “x” karena simbol-simbol itu tidak halal,” kata seorang fans MU di situs fans.

Manchester United sendiri merupakan klub paling populer di negara mayoritas Muslim tersebut. Dalam tur MU tahun lalu ke Malaysia, dua pertandingan MU kontra tim Malaysia XI digelar di hadapan sekitar 40 ribu penonton.

MU sendiri pada Maret lalu menandatangani kontrak kemitraan lima tahun dengan perusahaan telekomunikasi Telekom Malaysia. Kontrak tersebut semakin menegaskan bahwa MU adalah tim sepakbola paling digemari di Malaysia.

Reputasi Malaysia sebagai negara Muslim moderat dan progresif tahun ini merosot menyusul pengeboman sejumlah gereja pada Januari lalu dan hukuman cambuk pada tiga perempuan Muslim karena dugaan zina pada Februari lalu.
(tvone.co.id)

Orang-orang Malaysia pendukung klub itu menyatakan kemarahan terhadap larangan tersebut yang termuat di websites fans. (aa/montrealgazette).

Coba perhatikan gambar logo tim berikut ini:

Gambar Salib pada Logo Klub Barcelona

Gambar Salib pada Logo Klub AC Milan

Gambar Setan Merah pada Logo Klub Manchester United

Gambar Salib pada Logo Timnas Brazil

Gambar Salib pada Logo Timnas Portugal

Gambar Salib pada Kaos intermilan

Sebagai seorang muslim sudah sepatutnya tidak memakai gambar yang mencerminkan kepercayaan lain, semoga bisa mengubah paradigma anda.


Hukum Memakai Kaos Bola Bertuliskan Nama Orang Kafir

Oleh: Asy Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan

Asy Syaikh ditanya tentang memakai baju yang dipakai orang-orang kafir di mana di bagian punggungnya terdapat nama olahragawan (pemain bola) kafir tanpa meniatkan tasyabbuh (meniru kebiasaan) mereka. Maka beliau menjawab:

“Perbuatan ini termasuk pengagungan terhadap orang kafir. Selama ia memakai baju yang terdapat nama orang kafir atau gambarnya, maka ini termasuk pengagungan terhadap orang kafir. Tidak diperbolehkan. Minimal hukumnya adalah haram. Dan apabila ia memang berniat mengagungkannya, dikhawatirkan ia jatuh dalam kemurtadan.

Ini adalah bentuk pengagungan terhadap orang kafir. Selama dia memakai baju yang ada nama atau gambar orang kafir maka ini adalah bentuk pengagungan padanya. Maka ini tidak diperbolehkan. Paling sedikit hukumnya adalah haram. Apabila dia mengagungkan orang kafir tersebut maka dikawatirkan dia jatuh pada kemurtadan. Na’am.

Teks Arab:

يقول فضيلة الشيخ وفقكم الله : الذي يلبس ما يلبسه الكفار ويكون على ظهره في لباسه اسم لا عب كافر ولا ينوي التشبه بذلك أو بهم ؟

العلامة صالح الفوزان حفظه الله :
هذا تعظيم للكافر ، مادام يلبس الثوب الذي عليه اسم الكافر أو صورته هذا تعظيم للكافر ، فلا يجوز هذا أقل أحواله أنه محرم ، وإن كان يعظمه يخشى على ردته . نعم

(http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=120239)

 

Incar Umat Muslim, Real Madrid Hapus Salib dari Logo Kesebelasan

MADRID, SPANYOL (voa-islam.com) – Klub sepakbola ternama Spanyol, Real Madrid, telah memutuskan untuk melakukan perubahan pada logo klub tersebut, menyingkirkan salib, yang hadir pada lambang klub sepakbola tersebut selama hampir satu abad, Rusia Today melaporkan.

Pergantian merk ini diperlukan untuk memperkuat popularitas Real kalangan pecinta sepakbola Muslim di Eropa dan Timur Tengah.

Surat kabar Marca Spanyol yang mengutip sumber dalam pemerintahan klub tersebut  mengatakan bahwa langkah itu bertujuan untuk “menghindari segala bentuk kesalahpahaman dan konflik di daerah di mana mayoritas penduduknya adalah Muslim”.

“Ini adalah langkah yang menentukan dan strategis yang akan meningkatkan kekuatan lembaga ini di Timur Tengah dan Asia, wilayah kunci di mana semangat untuk klub ini telah jelas,” kata klub Spanyol tersebut.

..sumber dalam pemerintahan klub tersebut  mengatakan bahwa langkah itu bertujuan untuk “menghindari segala bentuk kesalahpahaman dan konflik di daerah di mana mayoritas penduduknya adalah Muslim..

“Real Madrid dan Pemerintah Ras al-Khaimah ingin mengirimkan gairah Real Madrid dan apa artinya keseluruh dunia.”

Penghapusan salib bertepatan dengan Real Madrid memulai pembangunan sebuah resor wisata olahraga senilai 1 miliar dolar AS (-+Rp 9 trilyun) di Uni Emirat Arab, yang akan menjadi yang pertama di dunia taman bertema gabungan pariwisata dan olehraga di sebuah pulau buatan.

Simbol Kristen tersebut muncul di belakang lambang Real Madrid pada tahun 1920 ketika Raja Alfonso XIII memberikan hak perlindungan kerajaan untuk klub itu.

Dengan mengubah lambang itu, Los Blancos mengikuti jejak musuh abadi mereka, FC Barcelona, yang juga harus berpisah dengan salib di logo mereka untuk menyenangkan sponsor mereka dari yang berasal Qatar. (by/rt)

(http://m.voa-islam.com/news/world-world/2012/04/10/18605/incar-umat-muslimreal-madrid-hapus-salib-dari-logo-kesebelasan/)

 

 

Diposting oleh Abu Fahd Negara Tauhid

Referensi:

http://ulamasunnah.wordpress.com/2012/02/23/hukum-memakai-kaos-bola-bertuliskan-nama-orang-kafir/

http://setiyoprajoko.blogspot.com/2010/07/gambar-salib-pada-logo-tim-sepak-bola.html

http://www.voa-islam.com/news/south-east-asia/2010/07/21/8417/berlogo-setan-dan-salib-kaus-mu-barcelona-diharamkan-di-malaysia/

Recent Posts :

38 Responses to “MUSLIM PAKAI SALIB?! (SALAH KAPRAH PENGGEMAR BOLA – PICS)”

  1. Effendy Muhammad Darsomo 1 March 2012 at 12:35 #

    Ana salut dengan pemerintah Malaysia yang menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar walaupun banyak yang menentang. .

    Patut ditiru nih oleh pemimpin kita, heee🙂

  2. amy sidra 1 March 2012 at 22:52 #

    alhamdulillah ana gak pernah suka sepakbol

  3. Iyan abe 2 March 2012 at 15:39 #

    Brarty smw umat mslim slah kaprah dong?
    Krna hmpr smua umat muslim pasty menggambar salib dan menyimpannya d’dalam buku palajaran matematika mereka..

    • gizanherbal 2 March 2012 at 18:57 #

      na’am jika yg dimaksud simbol tersebut adalah salib.

      • Muhammad Hidayat 12 March 2012 at 00:43 #

        Maksudnya lambang ‘tambah’ dan ‘kali’ begitu?

      • gizanherbal 12 March 2012 at 08:56 #

        bukan. tapi lambang salib.

      • dee 13 March 2012 at 11:38 #

        maksud iyan abe, itu simbol ‘tambah’ di pelajaran matematika. haram atau tidak?
        sebab lambabg ac milan n barcelona menyerupai lambang ‘tambah’ entah apa ada sejarah asalnya dari salib atau tidak?. kalau timnas brasil n intermilan kelihatan jelas salib.

      • gizanherbal 13 March 2012 at 12:04 #

        na’am, seperti itu bukan berarti sama. Simbol ‘plus’ dalam pelajaran matematika tidak diartikan sebagai salib, dan seandainya simbol ‘plus’ diartikan atau berasal dari simbol salib, maka hal ini adalah darurat atau terpaksa hukumnya. Adapun simbol klub bola diartikan sebagai ‘salib’ dan bukan diartikan sebagai simbol ‘plus’. Tidak ada hukum darurat atau terpaksa dalam menggunakannya. Wallahu a’lam.

  4. dedealit 7 March 2012 at 10:29 #

    pengen ngomen tp ap ea.?
    Hehe..

    • dony 14 September 2012 at 16:58 #

      emang pada gak jelas semua, sok tau, & munafik.

  5. Muhammad Hidayat 11 March 2012 at 00:06 #

    Bagaimana dengan simbol palang merah yang sering dipakai PMI?
    Apakah simbol tersebut haram juga?

    • gizanherbal 11 March 2012 at 17:36 #

      Simbol tsb memang berasal dari Salib. Kami hanya berharap, mudah2an simbol palang merah bisa diganti dengan selainnya, seperti simbol palang merah negara2 arab yg berupa bulan sabit merah. Wallahu a’lam.

    • Sandra Widara 17 March 2012 at 13:58 #

      hahaha lucu yaa..

      PMI (Palang Merah indonesia) yaahh kalau ada bencana di suatu daerah pasti pmi beraksi mengobati mereka membantu mereka atau sebagai penolong pertama di beri tanda salib karena diambil dari simbol kesehatan (simbol yg ada dirumah sakit)

      dan bukan berasal dari salib..kok gak sekalian aja kalian bilang kalau rumah sakit yg ada tanda salibnya untuk orang orang kristen (maaf cakap) . apa harus seperti itu??

      kan kurang kerjaan -___________-

      • gizanherbal 17 March 2012 at 15:21 #

        PMI bukan dalil, lagi pula sudah banyak palang merah yg simbolnya dirubah menjadi selain salib. Salib koq dibela?? Kalo yg membela adalah org kristen itu wajar, karena mereka walau bgmpun bebas melakukan apa saja. Tapi kalo yg membela orang yg ngaku KTPnya islam??? Wallahul musta’an

      • dony 14 September 2012 at 17:03 #

        ya bener, sotoy banget ni orang (gizanherbal), sok ngerti banget padahal sd jg kayanya kaga lulus. nyeuni tai klo kata orng sunda mah. kebanyakan makan herbal kali yaah.

  6. Sandra Widara 17 March 2012 at 13:46 #

    maaf ya..

    kayaknya gaj ada hubungannya dengan agama.. semua orang bisa memakainya asal jangan mengimaninya.

    • gizanherbal 17 March 2012 at 15:18 #

      ITU KAN MENURUT ANT. TIDAK MENURUT KAMI.

      • 2fa 3 April 2012 at 10:16 #

        santailah bung

    • dony 14 September 2012 at 17:05 #

      wah bener banget tuh!!! tuh dengerin ni “HERBAL” jngn makanin herbal mulu jd pengung!!!!!!!!

    • Mbah Mahmud 29 November 2012 at 10:58 #

      Daripada berdebat kita serahkan ke ahlinya … nih linknya

      http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-memakai-baju-bertuliskan-god-dan-hukum-memakai-baju-bergambarkan-tengkorak-manusia.htm#.ULbcmeSL3Sg

      ini ringkasannya
      Sedangkan makna “ia adalah termasuk dari mereka” adalah didalam dosa dan kebaikan, demikian menurut al Qori. Sedangkan menurut al Qomiy bahwa maknanya adalah barangsiapa yang meniru orang-orang shaleh maka ia akan mulia sebagaimana kemuliaan mereka dan barangsiapa yang meniru orang-orang fasiq maka ia tidaklah dimuliakan dan barangsiapa didalam dirinya terdapat tanda-tanda kemuliaan maka dia mulia walaupun kemuliaan itu belum terealisasi. (Aunul Ma’bud, juz XI hal 56)

      Dengan demikian tidak diperbolehkan mengenakan pakaian yang bertuliskan “GOD” dengan terdapat lambang salibnya, yang merupakan simbol khas keagamaan orang-orang Nasrani karena termasuk perbuatan meniru-niru tatacara keagamaan mereka dan turut mensyiarkan kebatilan di tengah-tengah manusia, berdasarkan firman Allah swt ;

      إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

      Artinya : “Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran : 19)

      وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

      Artinya : “Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS. Al Maidah : 2)

      Tidak diperbolehkan baginya mengambil salib baik untuk digantungkan atau tidak digantungkan, dipasang atau tidak dipasang. Tidak diperbolehkan baginya menampakkan syiar itu dijalan-jalan kaum muslimin, tempat-tempat umum atau khusus dan tidak menempelkannya di bajunya, sebagaimana diriwayatkan dari adi bin Hatim berkata,”Aku mendatangi Nabi saw sementara di leherku terdapat salib dari emas. Maka beliau saw bersabda,’Buanglah berhala itu darimu.” (Al Mausu’ah al fiqhiyah juz II hal 4244)

  7. NN 13 July 2012 at 18:00 #

    kalo cuma make doank, masak gak boleh, kan sayang tu belinya mahal,
    kalo menurut ane pokoknya gak di.imani juga gak masalah…

    • dony 14 September 2012 at 17:07 #

      si herbalkan sotoy and pengung jd biar aja deh

  8. bagong ndeli 5 November 2012 at 13:41 #

    oalah……..
    kita hanya penggemar bukan fanatik

  9. Alfiyyah 13 December 2012 at 16:47 #

    waduh, suami saya suka sepakbola,,, untung ngga punya jersey2nya…

  10. sukabarcatapitidaksukalogonya 21 February 2013 at 08:57 #

    Setuju ama yang punya blog,
    jika anda yang islam berada di perang salib mengibar bendera islam, tapi anda memakai baju perang dengan logo salib secara terang terangan di garis depan, mungkin dari pihak nasrani akan tertawa terbahak bahak, ini orang gila apa i’efff

  11. derfian 8 May 2013 at 18:14 #

    Alhamdulillaah,,Arsenal tidak pakai simbol seperti itu.
    “VCC”

  12. armi 9 June 2013 at 11:36 #

    bkan,nya lambang tambah atau rmh sakit di jersey nya barcelona.,
    kalau begitu.,
    mgapa ya ,
    lambang PMI/rmh sakit msh mmkai lmbang tmbh.,,
    mhn pnjlasannya…

  13. arsana 5 July 2013 at 00:01 #

    Memang ada salibnya di jersey2 itu negara2 arab khusus minta di hapus, tapi disini yg beredar yg ada salibnya, ane gak sudi pake sdh kasi tau ke teman2 jg…thanks infonya, lebih baik dihindari.

  14. orang nasionalis 20 February 2014 at 14:14 #

    menurut orang yang mempunyai sifat NASIONALIS itu kan cuma lambang.pemerintah malon(malaysia) sok tahu,kurang kerjaan tidak bisa menghormati satu sama lain contoh dong indonesia menghormati agama lain ingat.BHINEKA TUNGGAL IKA

  15. orang nasionalis 20 February 2014 at 14:17 #

    wah kasihan sekali rakyat malaysia,bagaikan KATAK DALAM TEMPURUNG.tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan.KASIHAN ???????????

  16. orang nasionalis 20 February 2014 at 14:24 #

    ISLAM DAN KERISTEN ITU SAMA,SAMA-SAMA DI CIPTAKAN OLEH SATU ALLAH YANG MAHA ESA.APA NGGAK KASIHAN DENGAN ALLAH YG SUDAH MENCIPTAKAN MANUSIA.MANUSIA DICIPTAKAN UNTUK BERSATU BUKAN UNTUK BERMUSUHAN CAMKAN ITU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • negaratauhid 8 March 2014 at 17:32 #

      Allah juga menciptakan setan. Lantas apakah anda mau disamakan dengan setan? Bukankah manusia dan setan juga ciptaan Allah?

      • yayadcakep 6 May 2014 at 09:12 #

        ahsanta ya akhy, semoga kita tetap istiqomah barakallahu fikh akhy…

    • tole 16 June 2014 at 18:20 #

      setuju..

  17. najla45 21 September 2014 at 18:34 #

    aduh bingung

  18. LA AS Roma 2 October 2014 at 11:57 #

    waduh,, tiang JEMURAN ane mesti di ganti nih..

    • negaratauhid 3 November 2014 at 06:48 #

      Bikin tiang jemuran yg model lingkaran aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: