OBAT UNTUK BERPETUALANG

19 Mar

Perjalanan petualangan adalah kegiatan yang menyenangkan, dan oleh karena itu sering kita melupakan hal yang sederhana tetapi justru penting dalam mendukung perjalanan petualangan Anda. Barang sederhana tetapi penting tersebut adalah obat – obatan. Saat perjalanan petualangan, Anda bersenang – senang, jangan sampai Anda sakit sehingga membatalkan perjalanan Anda. Dan berikut ini obat yang harus dibawa dalam petualangan.


1. OBAT DEMAM
Demam bisa datang pada saat Anda terlalu lelah atau kurang istirahat. Biasanya, menyerang pada saat malam hari. Jangan sampai Anda kerepotan mencari obat demam pada tengah malam. Masukkan obat ini ke dalam daftar wajib bawaan Anda.

2. OBAT SAKIT KEPALA
Berada di luar ruangan seharian tentu akan membuat stamina tubuh menurun. Apalagi daerah tujuan petualangan Anda adalah tempat yang panas. Sakit kepala pun tidak terhindarkan. Selain panas, pusing juga bisa disebabkan karena mabuk perjalanan. Sediakan obat ini untuk berjaga – jaga saat kepala mulai tidak bersahabat.

3. JAMU MASUK ANGIN
Masuk angin adalah penyakit klasik yang semua orang pernah alami. Rasanya tidak enak, mual dan pusing. Anda pun tidak bisa melakukan apa – apa saat sedang terkena masuk angin. Penyakit ini biasanya disebabkan karena terkena angin terlalu lama, perut yang kosong dan kondisi badan yang sedang menurun. Beberapa merk jamu sudah membuat jamu masuk angin yang mudah untuk dibawa. Ada yang cair, bubuk, bahkan permen. Jamu masuk angin pun sudah mudah ditemui di toko obat atau supermarket.

4. OBAT SAKIT PERUT
Sakit perut bisa timbul karena salah makan, telat makan, dan penyakit maag. Jika Anda tidak terbiasa makan terlalu pedas atau terlalu asam, perut pun akan bergejolak. Akibatnya, perut akan mulas, maag kambuh atau bahkan diare. Jangan sampai Anda tersiksa terlalu lama karena tidak punya obat sakit perut. Selalu bawa obat perut saat Anda berpetualang. Masukkan di dalam tas dan Anda pun bisa berkegiatan dengan aman.

5. VITAMIN DAN MADU
Agar tetap sehat, Anda memang perlu vitamin, terutama vitamin C. Saat ini, vitamin bisa dibeli dalam berbagai macam jenis. Ada vitamin hisap, cair dan tablet, tinggal pilih. Selain vitamin, salah satu pendukung kesehatan lainnya adalah madu. Madu bisa membantu menjaga kesehatan, juga bisa sebagai penahan lapar. Rasanya yang manis juga membuatnya bisa dicampur dengan susu atau teh. Jadi, Anda pun bisa sehat dalam cara yang menyenangkan, bukan?

6. PLESTER DAN ALKOHOL
Perjalanan backpacker atau mendaki gunung sama – sama memiliki risiko terluka. Terantuk batu atau tergores dahan bisa jadi salah satu kemungkinan Anda mendapat luka. Meski kecil, luka terbuka cukup berbahaya jika tidak segera diobati. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa membasuh luka dengan alkohol 70 persen dan kemudian menutupnya dengan plester. Pastikan Anda tidak lupa membawa dua barang penting ini saat perjalanan petualangan.

7. KAYU PUTIH
Barang terakhir yang tidak kalah penting adalah kayu putih. Kegunaannya yang banyak membuat obat ini menjadi barang wajib bawa saat perjalanan. Kayu putih bisa menjadi penolong saat sedang kembung, udara dingin, terkena gigitan serangga dan obat saat mabuk perjalanan. Dengan khasiatnya tersebut, sudah pasti kayu putih harus masuk dalam tas petualangan Anda.

Sumber: http://www.belantaraindonesia.org

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: