PUASA JAHILIYAH ALA KEJAWEN

14 Jul

Berikut ini adalah puasa – puasa bid’ah dari ajaran kejawen

1. Puasa Mutih
Puasa Mutih yakni seseorang tidak boleh makan apa – apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja. Nasi putih tidak boleh tambah apa – apa. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelum membaca mantra ini “Niat Ingsun Poso Mutih, Mutihaken Awak Kang Reged, Putih Kaya Bocah Mentas Lahir, Dipun Ijabahi Gusti Allah.”

2. Puasa Ngeruh
Puasa Ngeruh yakni seseorang hanya boleh memakan sayur – sayuran atau buah – buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur dan sebagainya.

3. Puasa Ngebleng
Puasa Ngebleng yakni menghentikan segala aktivitas normal sehari – hari. Orang yang menjalankan puasa ini, tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah atau kamar, atau melakukan hubungan badan. Waktu tidurnya pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa ini tidak boleh keluar kamarnya selama sehari semalam, kecuali buang air saja. Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahayapun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun.

4. Puasa Pati Geni
Puasa Pati Geni yakni hampir sama dengan puasa ngebleng, hanya saja puasa pati geni ini pelakunya tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yg melakukan nya 3 hari 3 malam, 7 hari 7 malam dan seterusnya. Pelaku biasa nya membaca mantra : “Niat Ingsun Poso Pati Geni, Amateni Hawa Panas Ing Badan Ingsun, Amateni Genine Napsu Angkara Murka Karana Allah Taala.”

5. Puasa Ngelowong
Puasa Ngelowong yakni seseorang dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja dan diperbolehkan keluar rumah.

6. Puasa Ngrowot
Puasa ngrowot yakni puasa yang dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yang melakukan puasa ini hanya dibolehkan makan buah – buahan saja. hanya saja dibatasi oleh satu jenis buah – buahan saja, seperti pisang maka 3 buah.

7. Puasa Nganyep
Puasa Nganyep yakni puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampus sama dengan puasa Mutih, perbedaan nya, makanan nya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak ada rasanya.

8. Puasa Ngidang
Puasa Ngidang yakni puasa yang hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. selain daripada itu tidak diperbolehkan.

9. Puasa Ngepel
Puasa Ngepel yakni puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi dalam sehari.

10. Puasa Ngasrep
Puasa Ngasrep yakni puasa yang hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja dalam sehari.

11. Puasa Wungon
Puasa Wungon yakni Puasa pemungkas, tidak boleh makan dan minum juga tidak boleh tidur selama 24 jam.

Seluruh puasa diatas (11 jenis puasa ala kejawen diatas) adalah puasa jahiliyah, puasa yang tidak pernah ada tuntunan nya dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, baik dari al-Quran maupun as-Sunnah.

[Diringkas dari buku Mantan Kiai NU Meluruskan Ritual – Ritual Kiai Ahli Bid’ah Yang Dianggap Sunnah hal 439 – 447, karya Ustadz Mahrus Ali. cet Laa Tusyrik Press]

Jambi, 2/7/2012 —

copas dari:
http://www.facebook.com/ibnufirdausarrani

 

 

Artikel Terbaru :

31 Responses to “PUASA JAHILIYAH ALA KEJAWEN”

  1. kllinikpisikis 17 July 2012 at 10:52 #

    infonya bagus mas..ternyata banya juga ya..macam2 puasa..soalnya yg saya tauh cuma puasah mutih..

    • Joker 21 July 2012 at 00:55 #

      kalau ada yang bilang puasa kejawen bidah, sesat, tidak ada yang rame-rame. coba, orang kejawen bilang puasa ramadan sebagai puasa anak kecil. pasti langsung rame, dihujat. ###ingat: orang kejawen lebih hebat dalam berpuasa.###

      • gizanherbal 21 July 2012 at 10:15 #

        Alhamdulillah islam bukan berasal dari kejawen dan kejawen bukan berasal dari islam.

    • micky 7 November 2012 at 15:06 #

      gan saya mau tanya…jika melakukan puasa 7 hari dengan putih ngepel saat sudah berbuka puasa boleh makan lgie gag….and boleh menjalankan sahur gag……

  2. Batman 22 July 2012 at 09:43 #

    @joker: kalo ga ada tuntunannya, sehebat apapun tetep ga diterima. Kalo orang yg mengamalkan puasa kejawen bilang puasa ramadhan puasa anak kecil, ya berarti anak kecil aja tahu mana yg wajib mana yg haram. Mana perintah Allah SWT mana yg sesat. Trus kalo bener dibilang kecil, yg sesat apa? Puasa orang gila?

    • OzanOjan 25 June 2014 at 17:19 #

      Diterima atau tidak itu urusan Tuhan bu…

      • negaratauhid 3 November 2014 at 11:20 #

        Anda salah…Seandainya anda mau banyak belajar ttg islam, niscaya anda akan tahu, bahwa dalam kitab2 Aqidah disana ada pembahasan ttg SYARAT DITERIMANYA AMAL. Jadi disitu sudah dijelaskan semua. Saran ana, hendaknya berilmu terlebih dahulu sebelum berkomentar dan menyimpulkan.

  3. arie 24 July 2012 at 18:46 #

    yg pentingkan ga ganggu orang lain,kita sebagai sesama manusia harus bisa menghargai perbedaan karna yg menciptakan banyak perbedaan dimuka bumi ini adalah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa jadikan semua perbedaan itu untuk saling menghormati,mngasihi,dan mnyayangi bukan sebaliknya..

    • gizanherbal 25 July 2012 at 08:52 #

      kata siapa tidak mengganggu? Mereka telah mengganggu aqidah yang bahaya lebih fatal daripada kezhaliman terhadap manusia, karena mereka telah menzhalimi Allah dengan kesyirikan dan kebid’ahan yang dilakukannya. Wallahul musta’an.

      • brawijaya 2 June 2013 at 18:50 #

        baru bs baca tulis arab aja ngatur2, gayanya ky org arab….walahhh….kang..kangg, km hidup dinegara heterogen, g usah menghina yg lain kl g tau…apakah ajaran Islam spt itu?

      • negaratauhid 3 June 2013 at 20:16 #

        iya, ajaran islam memang seperti itu (bagi orang yg kenal dgn islam), menjelaskan kesesatan dan penyimpangan.

    • abu pasha 25 July 2012 at 10:21 #

      ini aqidah,jelas mngganggu & merusak aqidah islam!
      “al-‘ilmi qablal qaul wal amal”

  4. Celoteh Belantara 24 July 2012 at 22:53 #

    Reblogged this on Celoteh Belantara.

  5. ihuttupang 23 October 2012 at 10:33 #

    nice altikel,,apakah mantranya benarannih..?

  6. ihuttupang 23 October 2012 at 10:34 #

    apakah mantranya benar nih brooooo??

  7. micky 7 November 2012 at 15:15 #

    gan saya mau tanya…jika melakukan puasa 7 hari dengan putih ngepel saat sudah berbuka puasa boleh makan lgie gag….and boleh menjalankan sahur gag……

    • orang gila 24 August 2013 at 03:09 #

      hehehehe….saran nih,kalo masnya punya kiai,ato guru spiritual yg bertanggung jwb secara lahir dan batin,monggo ditanya ken sama gurunya saja…..tapi sblm melakukan puasa menurut kanjeng sunan,dipahami maknanya dulu,kenapa ada puasa macam2 spt itu,dipahami dan diresapi dg hati krn Allah, bkn dg sifat duniawi,bahaya mas bro,bisa2 jadi salah arti salah makna bisa salah arah spt yg blm tau dan faham makna puasa mas bro…..dicari aja mas bro dari guru atau org arab bilang ustadz/habaib/syech,org jawa kuno bilang sunan(sesuhunan=yg diperguru)….tapi inget,pake hati….hati yg paling dalam,yaitu qolbu…..tak kasat mata namun bisa dirasa,hehehehehehehe……spt teladan para muslim,yaitu Rasulullah yg selalu berbuat dg hati…..makanya pake hati krna teladan kita jg pake hati….wkwkwkwkwkwkw…..

      • negaratauhid 19 September 2013 at 20:17 #

        Ooo…yang koment adalah Orang Gila (lihat namanya), jadi gak perlu diladeni…😀

  8. Nada 10 September 2013 at 11:01 #

    Usia ilmu kejawen jauh lbih tua dibnding islam,,seseorang yang benar2 alim dlam islam ia tdk akan kaku dlm menyikapi kejawen,,justru mereka bisa fleksibel,mampu mengambil ikan tnpa menimbulkn keruhnya air,spti halnya sunan kalijaga.indonesia ngara subur jgan samakan dgn negri pdang pasir,tapi mari kta lhat arah n tjuan kita kemana?adakah kesamaan tjuan atau tdk.argumennya bgus tapi lbh baik kita tahu seluk beluknya trlbh dahulu,jgn beragumen tanpa kita memahami benar asal usulnya.kalo emg bnr ada yg keliru maka gunaknlh cra yg halus untk meluruskn,bukn dgn khndak nfsu yg ingn selalu diatas.

    • negaratauhid 19 September 2013 at 19:51 #

      Benar, kejawen mungkin lebih dahulu dari Islam, hal itu membuktikan bahwa Kejawen bukan Islam. Jadi tinggal pilih, pilih Kejawen atau pilih Islam?

  9. paijo 15 September 2013 at 06:41 #

    puasa orang banyak. bukan berarti menyimpang dari agama islam. penulisnya ini yang sebenarnya menyimpang cara berfikirnya. seperti puasa dalam islam yang banyak sekali namanya( apa perlu saya sebutkan). orang jawa banyak ilmu dan laku.

    • negaratauhid 19 September 2013 at 19:42 #

      Puasa adalah ibadah. Dan ibadah itu WAJIB berdasarkan dalil. Semua puasa dalam Islam itu ada dalilnya. Nah, kalo puasa kejawen dalilnya mana???

  10. JOKO EDAN 17 September 2013 at 00:47 #

    ngebleng dan patigeni jenis puasa yg memberatkan.

  11. asli indonesia 16 November 2013 at 21:56 #

    puasa kejawen jahiliyah???
    ini orang sok tahu..!!!
    dilihat dulu maknanya dan bgmna pengamalannya..!!
    saya yakin puasa kejawen adlh utk lebih mendekatkan diri dgn allah SWT.tanpa mengabaikan perintahnya dan brusaha sllu menjauhi larangannya..kok jd masalah!!??
    harusnya anda lebih mempermasalahkan orng2 yg sdh mengaku ustadz/habib tp kelakuannya justru menyimpang dr islam..!!!
    apkah hrs sy sebutkan satu2??
    jelas2 itu sngat mencederai agama islam sendiri..
    hrsnya jadi panutan kok malah moralnya bejaatt..

    • Neo 5 June 2014 at 19:29 #

      Mendekatkan diri kepada Allah juga ada aturannya mas… Nggak ngasal, nggak sembarangan dan serampangan……….
      Ada tatacara-nya dan ada aturannya, dan yang tau hanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam………..
      Kalau ada orang yang mengaku-ngaku Islam, mengaku-ngaku umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, tapi beribadah tidak sesuai dengan yang beliau ajarkan, membuat ajaran-ajaran sendiri, atau bahkan ngarang2 bikin ajaran baru, ….PATUT DIPERTANYAKAN KEISLAMANNYA……

      Ingat, di Indonesia, banyak sekali orang yang mengaku-ngaku Ustadz, mengaku-ngaku Kyai, mengaku-ngaku ulama, tapi sesungguhnya adalah DUKUN YANG BERJUBAH…. Ajarannya banyak sekali yang menyimpang dari ajaran Islam itu sendiri…!!!!

  12. asli indonesia 16 November 2013 at 22:30 #

    kita sbgai muslim harusnya lebih terhina dgn orng2 sprti itu,,
    jd ustadz/habib tp melakukan kemaksiatan/dosa besar kpd per-orang/rakyat bnyak..
    tp ap tindakn anda dan orng2 yg sngat tahu tntang islam??
    saya tdk pernah mendengar anda/pemuka agama islam mengkomentari masalah tsb.
    hanya diam..seolah2 tdk mendengar dan tidak melihat..!!
    sy jg muslim,,sakit hati rasanya melihat agama islam tercoreng oleh orng2 macam itu,,!!!

    • Neo 5 June 2014 at 20:03 #

      Ya kalau anda melihat kemaksiatan, melihat penyimpangan, atau melihat keburukan di masyarakat, silakan anda lapor sendiri kepada Penguasa / Ulil amri / Pemerintah…..
      Biarkan mereka (Pemerintah), yang mengambil tindakan penegakan hukum (Law enforcement), bukan anda, saya, atau kaum alim ulama, atau siapapun…..karena memang itu adalah porsi dari Pemerintah, sebagai Penguasa yang Sah, dan diatur dalam undang-undang…….

      Ingat hanya mereka yang memiliki kekuatan hukum, maupun kekuatan fisik (Polisi / TNI), untuk melakukan tindakan hukum……..

      Kalau anda melihat banyak sekali penyimpangan / kemaksiatan, di masyarakat yang berdalil dengan agama, atau mencari pembenaran dengan mengatas namakan agama, itu adalah sangat wajar…..

      Kenapa…??? Dahulu Nabi Muhammad, pernah bersabda : Diakhir zaman, Islam terpecah menjadi 73 golongan, 72 golongan terancam Neraka, hanya 1 golongan yang selamat (HR. Thirmidzi, Thabrani & Abu Daud).

      Tinggal kita sendiri, mau mengikuti yg sesat, atau mau yg berdiri diatas kebenaran, sesuai dgn petunjuk & tuntunan Nabi Muhamad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam……

  13. Bashirah 23 January 2014 at 00:03 #

    Penting niatnya kang mas,kenali diri anda,kenali sesembahan anda allah swt,kenali kanjeng rasul nabi muhamad saw,kenali aulia,kenali wali,pertanyaan saya anda sudah kenal dengan anda sendiri??

    • Neo 5 June 2014 at 20:10 #

      Masalahnya adalah bukan hanya mengenali Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam….. Tapi yang TERPENTING, adalah sudahkah kita beribadah sesuai dengan Ibadah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, sudahkah kita memahami Islam, SESUAI dengan pemahaman beliau…….

Trackbacks/Pingbacks

  1. Puasa-Puasa Jahiliyah ala Kejawen « Jυrηαl Sαlαfiyυη - 11 October 2012

    […] https://gizanherbal.wordpress.com/2012/07/14/puasa-jahiliyah-ala-kejawen/ Rate this:Bagikan ke teman:FacebookTwitterSurat elektronikCetakLike this:SukaBe the first to like […]

  2. Puasa-Puasa Jahiliyah ala Kejawen « Abu Abdurrohman Manado - 11 October 2012

    […] Sumber: gizanherbal.wordpress.com Share this:CetakTwitterFacebookLinkedInSurat elektronikTumblrPinterestDiggRedditLintaskan lintas.meBagikan InfogueStumbleUponLike this:SukaBe the first to like this. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: