KAMUS SEPEDA MTB

29 Aug

Bahan Frame
Titanium harganya termasuk yang paling mahal karena bahannya cukup langka, ringan dan sangat kuat, warna abu-abu, tidak berkarat dan sambungan lasnya halus. Kekuatannya sama dengan hi ten steel tetapi bobotnya 1/2 kali lebih ringan begitu juga dengan ketebalannya hanya 1/2 dari besi.
Carbon harga termasuk mahal karena proses pembuatannya cukup rumit, terbuat dari serat karbon yang dipadatkan dan dibentuk. warnanya hitam abu abu serta nampak serat karbonnya seperti anyaman. sambungannya tidak ada kerena di cetak. Sangat ringan dan lentur sehingga tidak menghambat genjotan berat dan cepat. Kekurangan dari bahan ini adalah gampang retak dan pecah jika kena benturan keras serta ada jangka waktunya.
Scandium harganya tergolong lumayan. bobotnya hampir sama dengan aluminium warna aslinya adalah silver abu abu. ringan dan lebih kuat dibanding carbon.Tidak berkarat.
Aluminium harga bahan ini terbilang agak murah dan sangat umum digunakan pada sepeda sport biasa dan profesional. Ringan dan anti karat tapi sambungannya cukup besar ini dikarenakan ketebalannya alumunium 1/3 dari hi ten steel dan 1/3 lebih ringan serta umumnya tubing framenya selalu dibuat besar besar. Warna dasarnya silver abu abu.
Hi-ten steel harganya paling murah, biasanya banyak digunakan untuk sepeda umum dan sport amatir. Gampang di dapat, tapi bisa berkarat dan sambungan lasnya kecil kecil.

Fork
Suspension fork Air system: menggunakan udara untuk pengeperan-nya single crown : fork bisa naik turun sesuai medan agar tidak loss speed dan stability terjaga. ketinggian fork bisa diatur dan bisa di lock(suspensi off). Double crown :Sama dengan single crown hanya saja double crown lebih berat dan lebih tahan banting untuk heavy duty.bahannya terdiri dari besi,alluminium, dan scandium/ titannium. harga pada umumnya lebih mahal dari pada yang rigid fork.
Hydraulic system: menggunakan minyak untuk pengerperannya
Spring system : menggunakan per spiral untuk pengeperannya.
Rigid fork seperti fork pada umumnya hanya saja kelebihan fork ini adalah ringan dan stabil untuk jalan halus. Lebih bagus untuk diterapkan pada sepeda racing. Kekurangnnya adalah tidak nyaman untuk medan bergelombang dan sudah mulai ditinggalkan. harganya tidak mahal dan berbahan besi/aluminium/carbon dan lainnya.

Handlebar
Flat bar Handlebar ini lurus, biasanya digunakan untuk mountain bike dan cross country. Bahan dasar umumnya bisa terbuat dari besi hollow, aluminum hollow, carbon hollow dan bahan lainnya.

Raise bar dibuat melengkung agar lebih kuat dan tahan terhadap tekanan besar. Pada umumnya digunakan untuk bersepeda cross country dan downhill. Bahan dasar umumnya bisa terbuat dari besi hollow, aluminum hollow, carbon hollow dan bahan lainnya.


Handlestem
Sepeda membutuhkan handle stem sebagai leher penyambung leher fork dengan handle bar. Ada berbagai macam ukuran dan drajat kemiringan handle stem dan masing masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Derajat kemiringan

Tinggi/raise 50 ~ 250  

H-stem seperti ini membuat posisi tubuh lebih tegap dan bisa lebih gampang manuvernya.Selain itu juga lebih nyaman

Datar/flat 00 

Flat lebih universal dan normal.

Turun/Down -50 ~ -250

Untuk yang turun seperti ini membuat posisi tubuh membungkuk dan akan membuat posisi yang lebih aerodinamis.


Seatpost, Saddle, Quick Release

Saddle, Saddle saat ini tidak lagi seperti dulu, keras dan kecil. Saddle saat ini sudah mengalami perubahan dan perbaikan yang berarti menjadikannya sangat canggih dan nyaman dipakai jadi tidak perlu lagi takut ‘impoten’ karena sadel model sekarang sudah dirancang ergonomis. Selain bentuknya yang ergonomis bahannya pun terbuat dari bahan yang berkualitas disertai gel pada bagian dalamnya agar empuk tahan lama dan tidak panas.
Quick release/Seat post pin (lock)berfungi untuk mengikat antara seatpost pada seat tube. Quick release saat ini sudah semakin praktis dan design-nya menarik.  
Seatpost adalah pipa hollow berbahan besi atau aluminium, carbon. Fungsinya untuk penyangga saddle tempat di mana kita duduk saat bersepeda biasanya semakin ringan dan semakin kuat maka semakin mahal harganya.Tinggi pendeknya seatpost bisa diadjust(diatur) sesuai tinggi postur pengendara. Ada yang menerapkan sistem per di seat post tetapi system ini jarang digunakan karena pabrikan lebih cenderung menggunakan suspension frame dari pada di seatpost. Umumnya semua seatpost rigid. Batas ketinggian kunci seatpost ini sebaiknya tidak boleh kurang dari 1/4 dari keseluruhan panjang seatpost. Sebaiknya pas di tengah karena akan lebih kuat dan menghindari dari bengkok atau patah.
      Batas aman seat post Untuk bahannya : Titanium, carbon, alloy dan besi.                                    

Wheel

Tyre/ban : Ban merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam bersepeda. Tepat tidaknya atau Cocoknya tidaknya penggunaan jenis ban pada suatu medan maka akan mempengaruhi efektifitas dan kestabilan kecepatan bersepeda.Jika salah menggunakan kembangan ban akibatnya adalah bisa licin yang mengakibatkan selip dan jatuh atau malah membuat semakin berat sehingga menghambat kecepatan dan kestabilan bersepeda.

Kembangan ban(tread) terbagi menjadi :

Off road : kembangan ban ini besar besar dan kasar, sangat bagus digunakan untuk medan berlumpur, tanah dan heavy duty. Biasanya untuk ban ini memiliki ukuran 26×1.75-2.5-3.00 dan digunakan untuk sepeda MTB cross country, free ride dan downhill.

Semi off road/semi slick : Kembangannya halus pada bagian tengahnya dan kasar pada sisi luarnya. Ban jenis ini bisa digunakan untuk di jalan aspal dan tanah. Tetapi jenis ban ini lebih cenderung untuk sepeda santai dan transport. ukurannya 26×1.25-1,75

Road slick/racing : kembangnnya bener benar tidak ada atau gundul. ini dimaksudkan agar ban bener2 tidak mengalami hambatan pada saat berputar dan aerodinamis. Biasanya digunakan untuk di jalan aspal halus dan velodrome(treck). ukurannya juga kecil dari 26×1-1.25

Bahan Ban terbuat dari bahan karet tetapi memiliki perbedaan di sisi dalamnya :

kvlar : terbuat dari serat nylon yang sangat kuat dan bahan ini memungkinkan ban luar dilipat lipat/digulung dan bobotnya pun jadi ringan. Bahan ini lebih mahal.

kawat baja/biasa : seperti ban sepeda umumnya sisi dalamnya terdapat serat baja yang berat dan kuat. Sayangnya bahan ini jika dilipat akan tidak bisa kembali dan membekas.

Rim / Velg biasanya terbuat dari bahan aluminium dan besi biasa.

Aero : bentuk rims yang aerodinamis bisa dibedakan karena bentuknya yang seperti V, kebanyakan digunakan untuk sepeda racing dan sepeda sport lainnya.
Biasa : rims yang umum dan berbentuk U seperti sepeda kebanyakan.
Double wall : adalah lapisan rims yang terdiri dari dua lapis sehingga terdapat rongga di dalam rims jika rims dibelah. tunjuannya adalah menambah kekuatan pada velg.
Single wall : adalah rims kebanyakan sepeda yang hanya terdiri dari 1 lapis, tidak begitu kuat tapi hanya digunakan pada sepeda transport biasa dan santai.

Spoke / Jeruji
Spoke / Jeruji : terbuat dari besi atau stainless steel. Yang bagus ada yang terbuat dari stainless steel karena tidak berkarat. Spoke divider
Double butted : Double butted ada model jeruji yang baru dengan designnya yang tidak seluruh bagian spoke sama besar. Tetapi pada bagian tengahnya dibuat sengaja kecil. Sehingga mengurangi beban dan tanpa mengurangi kekuatannya.
Biasa : Jeruji pada umumnya. Spoke divider

Pedals
Pedal MTB : biasanya besar, memiliki gerigi yang banyak serta terdapat di setiap sisi agar tidak licin kaki tetap pada pedal. Sehingga jadi berat. Tetapi saat ini sudah mulai trend pedal MTB yang kecil tanpa gerigi tetapi memiliki cleat (pengunci). Sehingga pedal jadi enteng dan kaki bisa tetap pada pedal tetapi untuk pedal model ini menggunakan sepatu yang khusus.
Bahannya terbuat dari plastik, besi, alloy,carbon,titanium. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: