SALAM DARI ANAK GUNUNG

21 Oct

DSC_1886_1

Si A : Orangnya serius, gak suka bercanda dalam segala hal.
Si B : Orangnya bercanda, gak suka serius dalam segala hal.
Si C : Orangnya kadang serius dan kadang bercanda, tapi tidak bisa membedakan tempatnya masing2 (sering salah kamar), dikiranya bercanda padahal serius, atau sebaliknya.
Si D : Orangnya kadang bercanda dan kadang serius, tapi bisa membedakan dan tau tempatnya masing2 (krn orang lapangan).

Itu sebagian dari karakter manusia yg saling berbeda2. Masing2 karakter tersebut tidak bisa disalahkan secara mutlak, atau juga sebaliknya, tidak bisa dibenarkan secara mutlak, karena masing2 punya nilai plus minusnya.

Salah 1 pengaruh perbedaan karakter tsb disebabkan dari background orgnya. Ada yg backgroundnya dulu adalah orang yg awwam, atau gaul, atau ababil (katanya), atau lainnya. Ada juga yg backgroundnya dulu sudah ‘nyunnah’ sejak kecil atau sejak lahir, atau jg dari org pingitan alias ‘anak mama’, atau jg bukan ‘anak kompleks’, atau lainnya. Sebab2 seperti sangat mempengaruhi karakter seseorang.

Jadi tidak akan bertemu karakter si A dengan si B, minimalnya hanya sebatas kenal saja dan tidak bisa jadi kawan akrab. Jika dipaksakan, setidaknya akan menimbulkan kekecewaan atau sakit hati di salah 1 pihak. Kalo dilihat dari pengalaman, malah kebanyakan mereka jadinya bertengkar bahkan bermusuhan diakhirnya. Maka itu ada baiknya kita perlu mengenal karakter seseorg terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengannya. Jangan sampai org yg karakternya suka bercanda diajak serius, atau sebaliknya, org yg karakternya serius diajak bercanda. Ini setidaknya menghindari permusuhan atau kekecewaan di salah 1 pihak.

الأَرْوَاحُ جُنُوْدٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَا مِنْهَا اخْتَلَفَ

“Ruh-ruh itu seperti tentara yang berhimpun yang saling berhadapan. Apabila mereka saling mengenal (sifatnya, kecenderungannya dan sama-sama sifatnya) maka akan saling bersatu, dan apabila saling berbeda maka akan tercerai-berai.”
Hadits tersebut diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah radhiyallâhu ‘anhu dan diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 3336 secara mu’allaq dari ‘Aisyah radhiyallâhu ‘anha.

Alhamdulillah kami punya byk kenalan atau teman dari berbagai macam karakter. Dan yg akhirnya dekat dengan kami adalah orang2 yang karakternya hampir sama dengan kami, atau mampu memahami dan adaptasi dengan karakter kami. Dan begitu juga sebaliknya.

Salam kenal dari anak gunung dan anak gowes…

 

 

 

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: