ANTI MAINSTREAM KETIKA TAEKWONDO

29 May

1901556_10200410392459710_6939578487864188731_n.jpg

Fahd (8 thn) satu2nya yg tidak melakukan penghormatan dengan membungkukkan badan di Club Taekwondonya.
Ana sbg orgtua sudah sejak awal mengantisipasi ke Fahd agar tidak membungkukkan badan sebagai bentuk penghormatan kpd siapa saja, karena ini termasuk yg dilarang dalam agama.
Dan sampai saat ini Sabeum (guru taekwondo)nya Fahd belum ada menanyakan ke Fahd kenapa tidak mau membungkukkan badan saat penghormatan. Tapi yg pasti si Fahd sudah diajari cara menjawabnya jika sewaktu2 ditanya kenapa tidak mau membungkukkan badan.

Tidak membungkukkan badan utk penghormatan kpd manusia bukanlah ajaran Wahabi. Ini termasuk dalam perkara agama dan ada dalil2nya. Para ulama2 sudah banyak membahas masalah ini sejak lama sebelum dikenal istilah Wahabi.

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

وأما الإنحناء عند التحية فينهي عنه كما في الترمذي عن النبي صلى الله الله عليه وسلم أنهم سألوه عن الرجل يلقى أخاه ينحنى له قال لا ولأن الركوع والسجود لا يجوز فعله إلا لله عز و جل ……. قد تقدم نهيه عن القيام كما يفعله الأعاجم بعضها لبعض فكيف بالركوع والسجود وكذلك ما هو ركوع ناقص يدخل في النهي عنه

“Adapun membungkukkan ketika memberikan penghormatan, maka itu terlarang berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidziy dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Bahwasannya mereka (para shahabat) bertanya tentang seseorang yang bertemu dengan saudaranya lalu ia membungkukkan badan kepadanya. Beliau menjawab : ‘Tidak boleh’. Hal itu dikarenakan rukuk dan sujud tidak diboleh dilakukan kecuali terhadap Allah ‘azza wa jalla. …… Telah berlalu larangan berdiri (sebagai penghormatan) sebagaimana yang dilakukan orang-orang ‘Ajam (non Arab) antara satu dengan yang lainnya. Lantas, bagaimana dengan rukuk dan sujud? Begitu juga rukuk yang kurang termasuk dalam larangan ini” [At-Tawassul, hal. 377].

Ulama yang mengharamkannya berdalil dengan hadits:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيَنْحَنِي بَعْضُنَا لِبَعْضٍ ؟ قَالَ: ” لَا “، قُلْنَا: أَيُعَانِقُ بَعْضُنَا بَعْضًا؟ قَالَ: ” لَا وَلَكِنْ تَصَافَحُوا ”

Dari Anas bin Maalik, ia berkata : Kami pernah bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah sebagian kami boleh membungkukkan badan kepada sebagian yang lain (saat bertemu) ?”. Beliau menjawab : “Tidak”. Kami kembali bertanya : “Apakah sebagian kami boleh berpelukan kepada sebagian yang lain (saat bertemu) ?”. Beliau menjawab : “Tidak, akan tetapi saling berjabat tanganlah kalian” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 3702].

Ket foto : Fahd yg memakai kostum warna biru.

Fahd (8 thn) satu2nya yg tidak melakukan penghormatan dengan membungkukkan badan di Club Taekwondonya.Ana sbg orgtua…

Posted by Fitria Kurniawan on Friday, March 20, 2015

 

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: