GARA-GARA GAK ADA KHILAFAH

29 May

11083597_10200441900167383_4607588339434299621_n.jpg

1. Ketika Allah menyelamatkan Musa alaihissalam dari Firaun dan balatentaranya yg ditenggelamkan di laut Merah, maka Musa alaihissalam lebih memilih pergi ke Baitul Maqdis hingga beliau terkarantina selama 40 tahun di Padang Tih. Padahal bisa saja Musa alaihissalam kembali ke Mesir untuk merebut kekuasaannya dan menjadi penguasa disana, dikarenakan kondisi Mesir saat itu sedang lemah. Dengan begitu Musa alaihissalam akan lebih memudahkan berdakwah dan menerapkan syariat2 Allah. Tapi kenapa tidak dilakukan oleh Musa?
Dikarenakan kekuasaan atau khilafah tidaklah lebih penting dan utama dari Tauhid!

2. Ketika Yusuf alaihissalam sudah menjabat sebagai bendaharawan Mesir dan memiliki banyak pendukung dan kekuatan, beliau bisa saja mengkudeta raja Mesir dan merebut kekuasaannya dan mengganti undang2 Mesir yang kafir menjadi undang2 Islam. Tapi kenapa hal itu tidak dilakukan oleh Yusuf alaihissalam? Beliau malah tetap menjalankan tugas2nya tanpa dipengaruhi undang2 negaranya yang kafir dan bersabar atas jabatannya tersebut.
Hal itu dikarenakan kekuasaan atau khilafah tidak lebih penting dan utama dari Tauhid!

3. Dalam kitab2 Sirah Nabawiyah, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam pernah berdialog dengan pembesar2 Quraisy seperti Utbah bin Rabiah, Al Walid bin Al Mughirah, dan lainnya. Mereka pembesar2 Quraisy tsb memberikan beberapa tawaran kepada Rasulullah berupa harta kekayaan, kekuasaan/Raja, wanita, dan kehormatan. Namun dari sekian tawaran2 tsb tidak ada yg dipilih oleh Rasulullah. Padahal beliau shalallahu alaihi wasallam bisa saja memilih kekuasaan dan menjadi Raja bagi mereka agar lebih mudah dalam berdakwah dan menyelesaikan urusan dan misinya. Tapi kenapa beliau tidak memilih tawaran tsb dan tetap menjalankan tugasnya untuk mendakwahi Tauhid ke umatnya? Dikarenakan kekuasaan atau khilafah tidak lah lebih penting dan utama dari Tauhid!

4. Di dalam beberapa dalil, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam juga pernah ditawari langsung dari Allah kehidupan dunia berupa kekayaan, kekuasaan (Raja) maupun kesenangan lainnya. Tapi Rasulullah lebih memilih menjadi seorang hamba dan Rasul. Padahal bisa saja beliau memilih menjadi Raja bagi seluruh manusia agar bisa mudah mendakwahinya, dan menegakkan khilafah dan hukum islam di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan bahwa kekuasaan atau khilafah tidaklah lebih penting dan utama dari Tauhid!

5. Ketika raja Heraklius (Raja Romawi) mengumpulkan para pembesar2 Romawi dan menyuruh mereka semua utk berbai’at dan beriman kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, kemudian apa yg terjadi? Para pembesar2 itu justru malah berlarian dan meninggalkan Heraklius. Kejadian itu membuat Heraklius putus asa karena tidak mempu membuat mereka beriman. Segera diantisipasi oleh Heraklius dengan berkata kpd mereka : “Apa yang aku katakan barusan sesungguhnya hanyalah untuk menguji komitmen kalian terhadap agama kalian (nasrani).” Kemudian para hadirin bersujud pada Heraklius dan mau menerima keputusannya.
Kejadian ini menunjukkan bahwa kekuasaan tidak bisa menjamin diterimanya dakwah. Bahkan seorang raja sekalipun belum tentu dipatuhi oleh rakyatnya dan membuatnya beriman.

6. Raja Najasyi (penguasa negeri Habasyah), meskipun beliau itu raja yang adil, telah masuk islam dan beriman, namun beliau tidak mampu menunjukkan secara terang-terangan kepada rakyatnya bahwa beliau telah meninggalkan nasrani. Ini menunjukkan kelemahan hukumnya. Sehingga setinggi apapun posisinya tidak mampu mengubah Habasyah menjadi daulah islamiyah.
Kejadian ini menunjukkan bahwa kekuasaan tidak bisa menjamin diterimanya dakwah. Bahkan seorang raja sekalipun belum tentu bisa merubah negerinya sesuai kehendaknya.

Kesimpulan :

– Kekuasaan atau khilafah tidak lebih penting dan utama dari Tauhid.

– Kekuasaan dan khilafah tidak menjamin urusan2 umat terselesaikan, tidak juga membuat manusia beriman. Bahkan dalam sejarah disebutkan bahwa kekhilafahan yang banyak terjadi selama ini tidak diatas ajaran Ahlussunnah yg murni, seperti pada daulah Utsmaniyah yg justru semakin banyak tersebar kesyirikan dan kebid’ahan. Selain itu banyak juga daulah2 yg berdiri diatas pemahaman Mu’tazilah, Shufi, Syiah, atau lainnya.

– Khilafah adalah hadiah dari Allah bagi setiap orang yang bertauhid.

Allah berfirman yang artinya: “Dan Allah telah menjanjikan orang-orang yang beriman dan beramal sholeh bahwa Allah sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi (baca: mewujudkan khilafah) sebagaimana Allah telah memberikan kekuasaan kepada orang-orang sebelum kalian. Dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang Dia ridhoi untuk mereka (Islam), dan Dia sungguh akan mengganti keadaan mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman. Mereka beribadah kepadaKu dan tidak menyekutukanKu dengan sesuatu apappun.” (QS. An Nur: 55).

Oleh karena itu, manusia dituntut untuk menegakkan tauhid terlebih dahulu barulah kemudian Allah memberikan hadiah kepada kaum muslimin dengan diwujudkannya kekuasaan (khilafah) bagi mereka. Bukan sebaliknya, khilafah dulu baru semua penyimpangan diselesaikan. Karena sebagaimana yang dijelaskan dalam tafsir di atas bahwa tauhid merupakan syarat mutlak suatu kaum itu mendapatkan khilafah. Dan demikianlah realita yang terjadi pada dakwahnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, setelah belasan tahun beliau mengajak umat kepada tauhid barulah Allah memberikan kekuasaan kepada beliau dan para sahabat tepatnya setelah mereka hijrah ke madinah.

“Tegakkanlah daulah islam di hati kalian masing-masing, niscaya daulah ini akan tegak di bumi kalian”

Wallahu ta’ala a’lam.

Bersambung insya Allah.

 

YANG HOBI TERIAK2 KILAPAH KILAPAH JANGAN TERSINGGUNG1. Ketika Allah menyelamatkan Musa alaihissalam dari Firaun dan…

Posted by Fitria Kurniawan on Sunday, March 29, 2015

 

Recent Posts :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: