JANGAN LUPA IZIN SEBELUM LEFT

29 May

11018963_10200344084962064_7410780674908457153_n.jpg

Si Fulan left…


Notif seperti itu kadang sering kita jumpai di group2 atau forum2 di sosmed, khususnya di group whatsapp. Mungkin sekilas terlihat sepele atau kecil. Namun dibalik itu kadang bisa menimbulkan rasa kekecewaan dan penasaran bagi sebagian orang.
“Lho koq malah left?”
“Kenapa left?”
“Siapa tuh yg left?”
Dan pertanyaan2 lain yang bisa membuat sebagian orang bertanya2.

Memang ada byk faktor dan sebab si fulan left dari grup. Apalagi itu adalah haknya, jika seseorang merasa terganggu, tidak betah, sibuk, hp lemot/error, atau sebab lainnya, maka dia berhak utk left dari grup.

Namun yg ingin dibahas disini adalah bukan faktor2 itu, melainkan adab ketika di forum. Karena kebanyakan kasus yg terjadi, sering dijumpai seseorang left dari grup tanpa pamit atau kabar terlebih dahulu. Padahal saat beliau ingin masuk group tersebut, dia meminta izin lebih dahulu kepada admin. Namun disaat left (keluar), dia pergi tanpa izin atau pamit. Kondisi ini bisa diperumpamakan ketika sedang bermajelis atau forum. Seseorang yg ingin pergi meninggalkan majelis tidak sepantasnya keluar begitu saja tanpa izin atau pamit atau kabar. Begitu halnya di grup2 atau forum2 di sosmed, hendaknya sebelum left dari group dia izin atau kasih kabar dengan adab kalau dirinya hendak left. Ini bisa menunjukkan adab pada diri seseorang. Lain halnya jika dia dimasukkan ke dalam grup dengan cara dipaksa, atau diculik (tanpa pemberitahuan) sebelumnya. Maka hal itu boleh2 saja left tanpa pamit sebelumnya karena melihat kondisi awalnya.

Itulah, seseorang yg left tanpa pamit sebelumnya sering menimbulkan kekecewaan bagi sebagian orang, ditambah lagi jika yg left itu adalah seorang yg sudah mengenal adab atau penuntut ilmu. Maka itu jika suatu saat nanti kita hendak left (keluar) dari grup, ada baiknya kita pamit atau izin sebelumnya, minimalnya untuk menerapkan adab/etika dalam bermajelis.

Wallahu a’lam.

 

Si Fulan left…Notif seperti itu kadang sering kita jumpai di group2 atau forum2 di sosmed, khususnya di group…

Posted by Fitria Kurniawan on Wednesday, February 25, 2015

 

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: