KENAPA ANE MASIH MINUM KOKA KOLA?

29 May

 

11150274_10200497771244125_7488003516007410133_n.jpg

Ada yang inbox, bertanya: Cucu saya sekolah di pesantren xxxxx (ahlussunnah), tapi kenapa di pesantren tsb menjual minuman Coca Cola atau minuman bersoda lainnya? Bukankan Coca Cola itu berasal dari Amerika dan minuman yg berbahaya?
————————-

Ana mencoba menjawab sebatas yg ana ketahui :


1. Tidak ada larangan menjual produk2 buatan amerika spt coca cola, mc.donald, hape, televisi, kulkas, komputer, dll selama brg tsb tidak terlarang dalam Islam.
Jadi hukum asalnya adalah boleh, tergantung peruntukan dan niatnya. Apalagi produk tersebut berlabel dan memiliki sertifikat halal MUI.

2. Tidak perlu heran kenapa di ponpes tsb ada yg menjual coca cola. Bahkan di negara Saudi saja menjual coca cola di mana2, di Makkah, Madinah, dll. Minuman soda (tmsuk coca cola) jg sering diminum oleh byk Masyaikh atau ulama2 disana. Selama tidak berlebihan, maka menurut ana tidak masalah mengkonsumsinya.

3. Itu hanya pendapat dari pihak yg mengatakan bahwa Coca Cola atau minuman bersoda adalah berbahaya.
Realitanya, banyak pendapat ilmiah yg mengatakan bahwa minuman bersoda berbahaya, dan di lain sisi juga byk pendapat ilmiah yg mengatakan bhw minuman bersoda tdk berbahaya. Jadi ini perlu dikaji lebih dalam. Masing2 pendapat punya alasan yg kuat. Jika pendapat yg mengatakan berbahaya bisa mendatangkan 100 alasan, maka pendapat yg tdk mengatakan bahaya jg bisa mendatangkan 100 alasan jg.

4. Hendaknya utk bersikap adil, tidak menutupi atau menyembunyikan pendapat2 yg berseberangan selama itu ilmiah. Seperti halnya byk media yg menyebarkan bahaya minuman bersoda, tapi yg hrs diketahui banyak juga media yg menyebarkan info minuman bersoda tidak berbahaya.

5. Hendaknya kita memilih mana pendapat yg lbh baik utk kita, dan jangan memaksakan orang lain utk mengikuti pendapat yg kita pilih, selama org tsb memiliki alasan sendiri. Jika kita memilih pendapat yg mengatakan berbahaya, maka tidak perlu memaksa atau mengajak seseorang utk mengikuti kita. Apalagi dalam hal ini masih terjadi perbedaan pendapat, dan belum bisa dipastikan mana yg lebih benar dalam hal ini.

6. Masalah ini sudah sangat lama dibahas dan diperdebatkan, jadi belum pernah selesai smp skr. Akan percuma jika dibahas kembali sekarang ini krn tetap tidak akan selesai. Jika yang ahlinya saja belum ada kesepakatan dan masih saling berdebat ttg ini, apalagi kita yg belum levelnya.

7. Minuman bersoda seolah2 seperti di anak tirikan, pdhal kalo kita bersikap adil, byk minuman atau makanan yg lbh berbahaya dari minuman bersoda namun kita menutupinya dan menyembunyikannya. Seperti contoh, juice buah ternyata lbh berbahaya daripada minuman bersoda. Begitu jg minuman soft drink lainnya yg sering dikonsumsi oleh kita ada kalanya lbh berbahaya dari minuman bersoda. Lantas knp bahaya juice buah disembunyikan?

Misal, katanya Coca Cola berbahaya karena bisa membersihkan karat pada besi. Kalo mau tau, cuka juga bisa membersihkan karat pada besi. Lantas akankah kita juga akan mengatakan kalo cuka itu berbahaya?
Jadi ada maksud tertentu dalam hal ini jika propaganda larangannya lebih ke arah Coca Cola atau minuman bersoda lainnya.

8. Salah 1 faktor pihak2 yg melarang mengkonsumsi minuman soda adalah bisa jadi karena persaingan bisnis. Ada pihak2 tertentu yg memprovokasi agar tdk mengkonsumsinya dgn alasan agar usahanya bangkrut dan kalah bersaing. Ini termasuk strategi basi dalam perekonomian.

9. Jika alasan berbahaya karena dikonsumsi berlebihan, maka ini tidak perlu dibahas. Karena semua makanan dan minuman jika dikonsumsi berlebihan juga akan berbahaya bagi tubuh. Berarti semua makanan dan minuman jg sama hukumnya, tetap berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, tidak hanya minuman soda saja. Bahkan jengkol saja bisa berbahaya jika berlebihan. Jadi tidak tepat alasan berbahaya karena faktor mengkonsumsi secara berlebihan.

10. Untuk masalah ini, kami mencoba utk bersikap adil. Masing2 pendapat punya alasan2 ilmiah. Namun utk pribadi kami lbh condong kpd pendapat yg tidak membahayakan jika dikonsumsi tidak berlebihan. Seandainya benar itu produk yg membahayakan, pasti badan POM atau dinas kesehatan akan melarang utk mengkonsumsinya, tidak mengeluarkan izin utk produk tsb, dan memasukkan ke daftar makanan2 terlarang. Tapi kenyataannya tidak. Produk tsb masih diakui oleh badan pom atau dinas kesehatan.

Wallahu a’lam.

Ket : Bagi yang tidak setuju dengan pendapat diatas, atau berpegang kpd pendapat yg membahayakan, maka silahkan saja. Masing2 berpegang kpd pendapat yg menurutnya lbh kuat.
Jangan ada perdebatan atau mengajak/memancing debat disini ttg masalah ini. Cukup berpegang kpd pendapat masing2.
Status ini juga tidak memaksa seseorang utk mengikuti pendapat kami. Ini hanya sebatas wacana saja, buka himbauan maupun nasehat.

Beberapa artikel yg berpendapat bahwa minuman bersoda/berkarbonasi tidak berbahaya:

http://m.kompas.com/health/read/2012/03/12/13412912/Coca-Cola.Indonesia.Nyatakan.Produknya

http://swa.co.id/business-research/lpem-minuman-bersoda-tidak-berbahaya

http://id.theasianparent.com/jus-buah-kemasan-benarkah-lebih-berbahaya-daripada-minuman-bersoda/

http://asrim-indonesia.org/portfolio/benarkah-minuman-karbonasi-berbahaya/

http://nomorehoax.blogspot.com/2014/08/benarkah-coca-cola-berbahaya.html?m=1

Untuk artikel2 yg berseberangan (yg berpendapat berbahaya) sudah terlalu mainstream, dan mudah ditemukan dimana2 jadi tidak perlu dishare disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: