PEMBURU MADU HIMALAYA

30 May

11393154_10200676693397067_7856346020001424179_n.jpg

PEMBURU MADU DI KAKI GUNUNG HIMALAYA

Para pemburu madu dari suku Gurung, Kaski Tengah, Nepal, India, ini mempertaruhkan hidup di kaki Gunung Himalaya untuk mengumpulkan madu dari sarang lebah madu terbesar di dunia. Mereka menempuh bahaya dengan bergelantungan di antara tebing dan jurang dengan jutaan ekor lebah yang mengerubutinya.


Sambil bergelantungan, mereka menggunakan tongkat bambu untuk mengambil sarang lebah yang menempel pada dinding tebing setinggi puluhan meter, kemudian memasukkan ke keranjang. Suku ini bekerja dengan cara tradisional sesuai dengan musim.

Mereka mengawali pekerjaan dengan mengumpulkan dedaunan, dan kemudian membakarnya. Asap pembakaran akan membuat lebah-lebah berlarian meninggalkan sarangnya. Pada saat itulah para pemburu madu mulai memanen madu.

Namun seperti dilaporlan Daily Mail, ekosistem ini mulai terancam bahaya besar karena pemerintah setempat melakukan intervensi dengan memasukkan perburuan madu dalam paket wisata. Perburuan ini dijual sebagai tontonan yang eksotis untuk para turis dengan 1.000 dolar atau sekitar Rp 10 juta.

Acaman pertama adalah populasi lebah berkurang drastis. Demi wisatawan, para pemburu madu terpaksa memanen madu mereka di luar musim panen. Cara panen seperti ini tidak memberi kesempatan lebah untuk memproduksi madu secara normal.

Paket wisata juga mengancam terjadinya kerusakan tebing tempat sarang lebah. Sebab para pemburu madu beralih ke peralatan panjat tebing modern untuk mempercepat panen. Apalagi pemerintah setempat meningkatkan ekspor madu ke Jepang , Cina dan Korea untuk digunakan dalam obat-obatan tradisional sehingga eksplorasi besar-besaran mulai dilakukan.

http://simomot.com/2014/03/20/kisah-pemburu-madu-yang-menantang-bahaya-di-kaki-gunung-himalaya/

 

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: