SEGAN KARENA HIJABNYA

30 May

11924907_10200914259456070_5126330114681447802_n.jpg

Ada pemandangan aneh ketika kami trip ke pulau Tidung. Yaitu ketika kami kesulitan menaiki atau turun dari kapal, khususnya bagi para wanita. Disitu ada beberapa orang dari kru maupun awak kapal yang berdiri diatas kapal atau di samping kapal untuk membantu orang2 yang akan naik atau turun dari kapal. Karena posisi kapal yang lebih tinggi atau agak jauh dari daratan, sehingga untuk naik atau turun dari kapal harus perlu bantuan seseorang yang memeganginya. Nah disitulah mereka tidak segan2 membantu memegangi orang2 baik laki2 maupun perempuan yang akan naik atau turun dari kapal.

Namun ketika tiba giliran rombongan kami, mereka segan terhadap kami, khususnya segan kepada wanita2 kami. Dikarenakan wanita2 kami memakai hijab2 yang panjang dan syari, bahkan ada beberapa orang wanita dari kami yang memakai cadar (niqab). Itulah yang menyebabkan orang2 tersebut segan membantu wanita2 kami, karena tidak ingin menyentuhnya. Akhirnya orang2 tsb sengaja membiarkan dari keluarga atau suaminya yang membantu sendiri wanita2nya. Mereka paham sendiri, dan tanpa harus diberitahu oleh kami. Jika untuk menyentuh wanita2 kami saja mereka segan, terlebih lagi untuk hal2 yg lain. Ana menilai rasa segan mereka untuk tidak mau menyentuh wanita2 kami dikarenakan mereka menghormatinya. Mereka menghormati hijab2 yang dikenakan wanita2 kami. Berbeda halnya sikap mereka terhadap wanita2 yang tanpa hijab syari atau yang memperlihatkan aurat2nya, mereka berani dan tanpa rasa segan menyentuh bagian tubuh2 wanita walaupun dengan alasan membantu.

Inilah fitrah manusia yang tidak bisa ditutupi bahkan disembunyikan. Fitrah manusia yang masih memiliki rasa hormat terhadap ajaran Islam yang benar, khususnya hijab syari. Inilah fungsi hijab yang sejatinya adalah melindungi wanita dan menjadikan wanita lebih terhormat di mata manusia. Allah lebih mengetahui apa2 yang tidak diketahui makhluk-Nya.
Subhanallah…

Ket : Foto hanya illustrasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: