CARA MENGETAHUI MATA ANGIN TANPA KOMPAS DAN MATAHARI

19 Jul

1. Melalui rasi bintang
Menurut para astronom, ada tiga rasi bintang yang populer digunakan oleh para nelayan, para peladang, penyuka kegiatan alam, hingga orang-orang tersesat tentunya, untuk mengetahui arah mata angin: rasi bintang Ursa Minor (artinya Beruang Kecil. Di Indonesia di sebut Biduk) , rasi bintang Crux (Layang, Gubung Penceng, Pari), dan rasi bintang Orion.
Ursa Minor menunjukkan arah utara. Lihat bintang yang paling ujung ( alfa), disebut Polaris, itulah yang menunjukkan arah utara.

Rasi bintang Crux menunjukkan arah selatan. Bintang paling bawah (alfa, bagian lengan yang terpanjang) itulah yang menunjukkan arah selatan.
Orion menunjukkan arah barat (tiga bintang yang lebih mirip ekor kalajengking dibandingkan pinggang Orion).
Ketiganya selalu terlihat jelas ketika langit cerah. Untuk mengantisipasi bila ada bagian langit yang tertutup awan, minimal ketiganya kita mengenalnya. Kalau-kalau satu yang terlihat dan yang lainnya tidak.
Selain ketiga rasi bintang ini, rasi-rasi lain tentu sangat banyak, para astronom tentu telah banyak memetakan. Tapi, tiga rasi bintang inilah yang paling jelas terlihat di malam hari bagi orang awam seperti kita, mencolok, dan sangat terpercaya sebagai pemandu arah mata angin.

2. Dengan Jarum Jam

Jika berada di daerah ekuator, pegang secara horisontal dan arahkan jarum pendek ke arah matahari. garis tengah pembagi antara jarum pendek dan angka 12 menunjukkan arah utara.

jika berada di selatan ekuator, pegang secara horisontal dan arahkan angka 12 ke arah matahari. garis tengah pembagi antara angka 12 dan jarum pendek merupakan arah utara.

Dengan Tumbuhan


Apabila dalam kondisi darurat ( survival ) dimana pada saat itu kita tidak dilengkapi dengan alat penunjuk arah atau Kompas, keadaan tanda-tada alam disekeliling kita akan dapat membantu, dengan cara mengetahui, a.l. ;
• Kelebatan Tajuk Pohon
Perbedaan kelebatan tajuk pohon dapat dipakai sebagai petunjuk untuk menentukan arah Timur dan Barat. Hal ini berkaitan dengan proses fotosintesis.
• Lumut
Di hutan-hutan tropis yang lebat, untuk mengamati perbedaan kelebatan tajuk pohon akan mengalami kesulitan, tapi untuk mengatasi hal lain agar kita dapat mengetahui arah mata angin dalam kelebatan hutan tersebut yaitu dapat memanfaatkan Lumut Parmelia sp dan Polytrichum sp . Lumut-lumut ini cenderung untuk tumbuh didaerah yang kurang sinar matahari / kualitas sinar mataharinya rendah ( arah barat ).
• Pandan Hutan
Batang Pandan Hutan ( Pandanus tectorius ) cenderung untuk mengarah ke sinar matahari yang berkualitas baik ( arah timur ).
Membuat Kompas Sederhana

Dengan peralatan sederhana, anda dapat membuat kompas sendiri. Bahan-bahannya berupa sebatang jarum atau silet, magnet, gabus/steoform, dan air yang diletakkan dalam sebuah wadah.

Jarum atau silet tersebut diberi muatan magnet dengan cara menggosok-gosokkannya pada batang magnet secara searah. Setelah itu jarum atau silet ditusukkan ke gabus dan diletakkan di atas permukaan air sehingga terlihat mengapung. Kompas penunjuk arah siap untuk digunakan dengan kedua ujungnya akan selalu menunjuk ke arah utara dan selatan.

4 Responses to “CARA MENGETAHUI MATA ANGIN TANPA KOMPAS DAN MATAHARI”

  1. wak duh 10 August 2011 at 02:14 #

    rasi bintange susah di fahami…..maksh bos

  2. Genghis Khun 15 November 2011 at 12:48 #

    Salam kenal semuanya,
    Rasi Orion tidak bisa dipakai untuk penentuan Arah Kiblat. baca penjelasannya di: http://genghiskhun.com/sabuk-orion-sebagai-penunjuk-arah-kiblat/

  3. lala 15 January 2012 at 16:04 #

    mna arah mata angin bintang ???

  4. Arum Effendi 18 December 2012 at 07:24 #

    Saya sering pakai Orion buat menentukan arah :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 209 other followers

%d bloggers like this: